Wamenkes Dukung Pengembangan RSUD Kota Bogor Jadi RS Riset dan Pendidikan

24
Wamenkes Dante Saksono Harbuwono saat peresmian fasilitas alat kesehatan MRI 3 Tesla, CT-Scan 128 Slice, dan ESWL di RSUD Kota Bogor, Sabtu (13/11/2021). (Foto: info31.id/Pool/Dok. Kemenkes)

BOGOR, info31.id – Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mendukung penuh inovasi dan pengembangan RSUD Kota Bogor sebagai Rumah Sakit Riset dan Pendidikan.

Dengan diresmikannya fasilitas alat kesehatan MRI 3 Tesla, CT-Scan 128 Slice, dan ESWL di RSUD Kota Bogor, menjadi pertanda bahwa RSUD Kota Bogor siap mengembangkan diri secara terstruktur.

”Ini akan menjadi salah satu milestone hari ini, dan akan menjadi tonggak sejarah bagaimana RSUD Bogor ini mengupgrade fasilitas kesehatan sebagai faskes tingkat rujukan kelas A dengan adanya fasilitas seperti ini,” Kata dr. Dante saat peresmian di RSUD Kota Bogor, Sabtu (13/11/2021).

Dalam sambutannya, dr Dante menyampaikan, dalam pengembangannya sebagai RS Pendidikan, ada tiga aspek yang harus diperhatikan, yaitu aspek pendidikan, pelayanan masyarakat, dan aspek riset.

dr. Dante menggambarkan, bukan tidak mungkin akan terjadi internasionalisasi RSUD Kota Bogor sehingga menjadi unggulan di provinsi jabar sebagai RS Unggulan tingkat Internasional.

Hadirnya ketiga alat kesehatan dengan teknologi canggih ini diharapkan mampu untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Kota Bogor, khususnya dalam mendeteksi lebih cepat, mengoptimalkan pelayanan, dan mengurangi tingkat kematian akibat penyakit jantung, kardiovaskular, kanker, dan stroke. Di mana keempat penyakit ini menjadi penyebab angka kematian tertinggi di Indonesia.

Senada, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, dr. Nina Susana Dewi mengatakan, fasilitas pelayanan kesehatan yang memadai merupakan salah satu faktor penunjang dalam meningkatkan kinerja profesional rumah sakit dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

”Ketika kita memerlukan sarana atau fasilitas yang paling diperlukan adalah rumah sakit dengan demikian rumah sakit yang memiliki fasilitas lengkap tentunya akan semakin unggul dan terdepan dalam memberikan pelayanan yang maksimal dan terbaik,” ucap dr. Nina

Inovasi pelayanan kesehatan juga diharapkan hadir di berbagai wilayah di Indonesia sebagai bentuk penguatan pelayanan kesehatan. Dimana Kondisi pandemi COVID-19 membuat Indonesia terus bergerak untuk melakukan pembenahan sistem kesehatan yang menyeluruh.

”Jadi kalau pengembangan ini dilakukan secara terstruktur di daerah maka kita dapat memperoleh penguatan,” pungkas dr. Dante.