Waduh, Indonesia Peringkat 5 Kasus Bullying Terbesar di Dunia

9

MUSI RAWA UTARA, Info31.id – Kasus Bullying telah menjadi permasalahan yang serius pada masyarakat dunia. Bahkan, Indonesia menempati peringkat ke-5 kasus bullying terbesar di tingkat global.

Demikian diungkapkan Ana Mariani, salah seorang dosen pada universitas terkemuka di Sumatera Selatan, dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital – “Literasi Digital Bagi Tenaga Didik dan Anak Didik di Era Digital”, Kamis (30/9/2021).

Webinar diselenggarakan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika di 77 Kabupaten/Kota, Wilayah Sumatera, dari Aceh hingga Lampung. Hadir dalam acara, Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, Herman Deru dan Bupati Musi Rawas Utara, Devi Suhartoni, memberi sambutan dan mendukungan Literasi Digital Kominfo 2021.

Menurut Ana Mariani, bullying secara universal adalah tindak kekerasan karena ketidakseimbangan kekuatan dengan cara mengancam atau mengintimidasi. Perilaku bullying dibagi menjadi beberapa jenis seperti bullying verbal, bullying sosial, bullying fisik, dan cyberbullying.

Pembicara lain, Sri Zakiyah, menjelaskan masyarakat sebagai pengguna internet harus bijak dan pintar mencari informasi yang dibutuhkan, pilih-pilih, dan tidak percaya berita hoax.

Caranya, hati – hati dengan judul provokatif, cermati alamat situs, periksa fakta dan cek keaslian foto. “Supaya kita melindungin masyarakat sebagai konsumen dari dampak negatif media massa dan mempersiapkan mereka menjadi lebih kritis,” katanya.

Seorang Content Creator, Bearlanggi, menambahkan, pengguna internet dapat melindungi keamanan data cara membuat password yang kuat, lalu mengaktifkan autentifikasi dengan memahami pengaturan privasi serta tidak umbar informasi pribadi.

“Internet sangat penting bagi masyarakat tetapi kita harus pergunakan dengan sebaik baiknya untuk mendapatkan sebuah informasi yang baik,” pungkas Bearlanggi.