Volume Kendaraan Tinggi, Kakorlantas Siap Intervensi Lewat Rekayasa Lalin Arus Balik

62
Kakorlantas Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi. (foto:info31.id/pool/dok.korlantaspolri).

JAKARTA,info31.id – Data volume kendaraan menunjukkan frekuensi yang tinggi menjelang arus balik mudik lebaran 2022. Kakorlantas Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi menyatakan akan melakukan intervensi dengan rekayasa lalu lintas.

“Artinya kita harus intervensi dengan rekayasa lalu lintas kembali. Kita tidak bisa membiarkan masyarakat dengan jalur normal seperti yang sekarang,” kata Irjen Firman saat meninjau Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang Jawa Tengah, Kamis (5/5/2022).

“Yang ke timur ke timur dengan lajurnya, yang barat ke barat dengan lajurnya. Tidak bisa,” sambung dia.

Lebih lanjut, Kakorlantas Firman mengimbau masyarakat yang terjebak one way tidak menunggu di gerbang tol fan langsung mencari jalur alternatif atau jalan arteri.

Baca Juga: Antisipasi Kepadatan Arus Balik, Kendaraan Logistik Dialihkan Ke Pelabuhan Jangkar Jatim

Firman meminta masyarakat memerhatikan kondisi fisik saat berkendara. Dia juga berpesan para pemudik memanfaatkan sejumlah fasilitas pos-pos pelayanan yang telah tersedia.

“Kalau masih lelah dari tempat tujuan sebaiknya mungkin istirahat saja dulu, jangan dipaksakan. Sekali lagi ini operasi keselamatan. Jadi harus dipastikan yang berada di jalan adalah mereka yang sehat,” kata Firman.

Adapun puncak arus balik lebaran diprediksi berlangsung pada 6-8 Mei 2022 besok.