UMKM Harus Miliki Keterampilan Digital

11

Agam.info31.id – Pandemi telah mendorong akselerasi dunia digital, termasuk di sektor bisnis. Pelaku UMKM pun mau tidak mau ikut bertransformasi ke digital.

Entrepreneur Indri Permata Sari mengatakan, UMKM saat ini harus memilki keterampilan digital, Menurutnya, keterampilan atau kemampuan digital yang harus dimiliki pelalku UMKM untuk memulai usaha online.

“Mereka harus memiliki kemampuan membuat konten yang menarik, kemampuan pemasaran, kemampuan update status di akun media sosial, dan personal branding,” jelasnya dalam webniar “Keterampilan Digital di Era Pandemi” yang digelar Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika di Solok Selatan, , Sumatera Barat, beberapa waktu lalu.

Ditambahkan, keuntungan menguasai keterampilan digital diantaranya, ruang lingkup pemasaran jadi lebih luas karena tidak terbatas kondisi geografis, penjualan produk bisa diakses kapan saja tidak terbatas waktu,

“Statistik dalam penjualan online bisa dihitung, misalnya jumlah pengunjung situs dan jumlah konsumen yang melakukan pembelian online,” terangnya.

Tiwi DewantiK., Ketua Program Study SMK BPP Bandung dan Assesor BNSP mengatakan, keterampilan yang harus dikuasai dalam menjalankan sebuah usaha online yaitu, mampu menggunakan platform usaha online.

“Platform tersebut antara lain, market place yang merupakan platform berperan sebagai pihak ketiga atau perantara antara penjual dan pembeli untuk mempermudah transaksi jual beli secara online dan sosial media, seperti Instagram, Facebook, dan WhatsApp,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Hendra Lesmana, i Food Vlogger, Enterpreneur, dan Public Speaker menambahkan,  pengguna media sosial harus bisa lebih menghargai hasil karya orang lain dan menjadikan persaingan kreativitas digital menjadi kolaborasi yang menarik.

“Selain itu, digital bisa digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat dan menjadi sarana pembelajaran,” pungkasnya

Kegiatan webinar “Keterampilan Digital di Era Pandemi” merupakan rangkaian dari Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.