Transformasi Digital di Sektor Pariwisata ala Bangka Belitung

18

Pangkal Pinang, Info31.id – Pemasaran wisata di daerah seluruh Indonesia melalui digital platform sangat penting dalam rangka memperingati World Tourism Day. Ada beberapa tahapan dalam menjalankan pemasaran, antara lain membuat website dengan konsep dan disain menarik serta menciptakan konten sesuai target yang dituju.

“Selain itu, membuat video, membangun aset media sosial, konten marketing, menerapkan SEO serta iklan di google dan facebook,” kata Vivi, GM Business Bangka Pos, dalam dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital – “Transformasi Pariwisata di Era Digital”, Senin (27/9/2021).

Webinar diselenggarakan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika di 77 Kabupaten/Kota, Wilayah Sumatera, dari Aceh hingga Lampung. Hadir dalam acara, Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo dan Gubernur Provinsi Kep. Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan.

Kepala Dinas Pariwasata Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga Provinsi Bangka Belitung, Suharto, menjelaskan, sektor pariwisata Bangka Belitung memiliki banyak keunggulan. Dimana secara georgrafis tegolong strategis, punya keunikan budaya lokal, daerah asimilasi dan akulturasi budaya Melayu dan Tionghoa. Kemudian, terdapat destinasi wisata Geopark Pulau Belitong yang telah disahkan oleh UNESCO.

Terkait dengan transformasi pariwisata, selama ini pihaknya telah mengoptimalkan media sosial sebagai alat pemasaran. Aktivitas pemasaran melalui media sosial, akan menemukan dan menganalisa calon wisatawan dengan cepat, untuk branding, promosi dan menganalisa pesaing.

“Digitalisasi pariwisata Kepulauan Bangka Belitung di www.visitbangkabelitung.com dan promosi melalui video pariwisata, promosi melalui mobile advertising (floating banner, sms, media sosial) serta kerjasama dengan pihak provider telekomunikasi,” pungkasnya.