Tol Langit Palapa Ring Integrasi Butuh Rp 8 Triliun

Jakarta,info31.id – Badan Aksesiblitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) akan segera memulai proyek Palapa Ring Integrasi pada 2022. Palapa Ring Integrasi akan menghubungkan ketiga jaringan tulang punggung Palapa Ring Barat, Tengah dan Timur agar semakin andal dan berkualitas.

Direktur Utama Bakti Kominfo Anang Latif mengatakan, pengerjaan proyek Palapa Ring Integrasi fase 1 pada 2022 sepanjang 5.226 kilometer, sedangkan fase 2 di 2023 sejauh 6.857 kilometer. Menurutnya, integrasi tersebut juga akan memperkuat ketahanan ketika terjadi kendala pada salah satu jaringan.

“Kami sudah melakukan studi awal terkait Palapa Ring Integrasi ini. Panjang kilometernya mendekati Panjang Palapa Ring jilid pertama yaitu sekitar 12.000 kilometer. Investasinya juga hampir mendekati, membutuhkan kira-kira Rp 8 triliun,” kata Anang Latif dalam webinar “Apa Kabar Tol Langit?”, Selasa (14/9/2021).

Diakui Anang, pembiayaan proyek tersebut akan menggunakan skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU). Dengan melihat keberhasilan proyek Palapa Ring pertama, Anang meyakini banyak investor yang berminat mendanai proyek Palapa Ring Integrasi.

“Palapa Ring ini menjadi benchmark BAKTI untuk skema KPBU pertama,” imbuh Anang.

Anang menegaskan, dalam Palapa Ring Integrasi ini, nantinya akan ada pembangunan yang tujuannya mengintegrasikan ketiga paket Palapa Ring yang sudah ada. Ketika semua paket Palapa Ring sudah terintegrasi, utilisasi Palapa Ring diyakini akan meningkat.

“Tujuan awalnya sebenarnya meningkatkan resiliensi kalau terjadi gangguan jaringan karena masih mendapatkan backup dari jaringan Palapa Ring Integrasi. Dan secara keseluruhan akan meningkatkan utilisasi dari jaringan Palapa Ring yang sudah ada,” jelas Anang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here