Tips Menjadi Sultan di Era Digital

4

PIDIE JAYA, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Rabu (15/9/2021). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Keynote Speaker Gubernur Provinsi Aceh, Ir. H. Nova Iriansyah, M.T., memberikan sambutan dan mendukung Literasi Digital Kominfo 2021. Webinar membahas “Tips Menjadi Sultan di Era Digital” oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang influencer yang akan ikut berpartisipasi.

Menurut Iim Rusyami, MM sebagai Founder dan CEO Sejahtech.com, pembahasan mengenai menjadi sultan di era digital, dapat dilakukan berbeagai cara diantaranya, menjadi konten kreator dan membuka bisnis. Tips dan trik membuat konten, antara lain paham teknik pembuatan konten, kenali targer audience, konten harus menarik dan informatif, mempunyai ciri khas atau karakter, konten yang orisinil, menyertakan hastag, serta tema konten konsisten.

Membuka bisnis atau usaha, diantaranya e-commerce, pelatihan online, digital marketing agency, SEO bisnis, diantaranya konten produksi, mobile application developers, computer assistant, dropshipper marketing, dan video game tournament.

Kemampuan yang harus disiapkan, meliputi pola pikir kreatif, strategi planning, manajemen komunikasi, kemampuan menulis, kemampuan analistik, serta kemampuan komunikasi dan kepemimpinan. Strategi digital bisnis, antara lain putuskan apa yang akan dijual online, setup packaging, pengiriman, dan sistem order, pilih ecommers atau marketplace, buat website, kelola data pelanggan dan cyber security, serta susun rencana marketing.

Memanfaatkan peluang yang ada dapat mempermudah menjadi sultan di era digital. Gunakan digital sebagai wadah untuk mencari keuntungan dengan hal-hal yang postif dan dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.