Tips Membuat Konten Digital yang Menarik

13
Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.(Foto : Info31.id/Pool/Kemenkominfo).

Lhokseumawe, Info31.id – Di masa Pandemi Covid-19, mengasah keterampilan digital untuk memudahkan pencarian kerja menjadi sebuah keharusan. Membuat konten menarik agar mendapatkan banyak manfaat. Selanjutnya, berperilaku positif dan kreatif agar tidak ada jejak digital yang negatif.

Hal itu diungkapkan Dina Rizqi Annisa, Influencer, dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital – “Keterampilan Digital di Era Pandemi”, Senin (27/9/2021). Webinar diselenggarakan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika di 77 Kabupaten/Kota, Wilayah Sumatera, dari Aceh hingga Lampung. Hadir dalam acara, Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo dan Gubernur Provinsi Aceh, Nova Iriansyah.

Menurut Dina, keterampilan digital yang dapat diasah oleh generasi millennial ialah membuat konten di media sosial. Dengan memaanfaatkan media sosial sebagai wadah untuk berkarya, akan menghasilkan banyak manfaat. Tips dan trik membuat konten, antara lain paham teknik pembuatan konten, kenali targer audience, konten harus menarik dan informatif.

Selain itu, konten harus mempunyai ciri khas atau karakter, orisinil, dan menyertakan hastag, serta tema konten konsisten. “Materi yang akan di sampaikan ini tentang saran praktis dan kiat tertentu untuk membuat produk elektronik atau konten bagi generasi muda agar dapat disajikan kepada pengguna dengan menarik dan informatik,” imbuhnya.

Pembicara lain, Taqwaddin, mengungkapkan setiap pengguna digital harus memiliki etika, seperti tidak menggunakan teknologi informasi untuk perbuatan melanggar hukum dan norma-norma yang berlaku di masyarakat. Tidak memasuki sistem informasi orang lain secara illegal dan tidak memberikan user ID dan password kepada orang lain untuk masuk ke dalam sebuah system. Kemudian, tidak mengganggu dan atau merusak sistem informasi orang lain dengan cara apa pun, serta menggunakan fasilitas teknologi informasi untuk melakukan hal yang bermanfaat.