Teliti Sebelum Belanja Online di Market Place

8

OGAN ILIR, Info31.id – Mudah dan praktis. Dua hal ini yang membuat mayoritas masyarakat di era sekarang lebih memilih belanja secara online. Namun diantara mereka banyak yang tertipu, mendapatkan barang tak sesuai pesanan.

“Untuk itu, saat belanja online kita harus teliti, kenali dulu jenis barang dan harganya. Jangan berhati-hati ketika melakukan pembayaran data kita aman dan tidak ada kesalahan,” ungkap Rena Rolanda, Influencer, dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital – “Aman Saat Berbelanja Online”, Kamis (30/9/2021).

Webinar diselenggarakan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika di 77 Kabupaten/Kota, Wilayah Sumatera, dari Aceh hingga Lampung. Hadir dalam acara, Presiden RI Jokowi; Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, Herman Deru; dan Bupati Sumatera Selatan, Panca Wijaya Akbar, memberi sambutan dan mendukungan Literasi Digital Kominfo 2021.

Meski, lanjut dia, market place secara umum telah menyediakan fitur keamanan. Mengingat, market place hanya berperan sebagai perantara yang mengakomodasi pihak penjual dan pembeli.

“Sistem kerjasama yang dilakukan mareket place murni, lebih mirip seperti titip barang yang tidak bertanggung jawab penuh saat terjadi kesalahan transaksi,” imbuh Rena Rolanda.