Tantangan Tranformasi Digital Bagi Kemajuan Perekonomian

43
Kemkomionfo menggelar kegiatan dengan tema “Tantangan Tranformasi Digital Bagi Kemajuan Perekonomian” di Kabupaten Bogor, Sabtu, 30 Juli 2022. (Foto: Info31.id/Pool/Dok. Kemkominfo)

KABUPATEN BOGOR, info31.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika kembali menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital, Sabtu (30/7/2022). Kegiatan ini sesuai arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital.

Webinar tersebut diperuntukan bagi Segmen Kelompok Masyarakat atau Komunitas di Wilayah Jawa Barat. Kali ini Kemkomionfo menggelar kegiatan dengan tema “Tantangan Tranformasi Digital Bagi Kemajuan Perekonomian” itu di Kabupaten Bogor. Ada empat kerangka digital yang diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital Dan Budaya Digital.

Hadir para pemateri yang mempunyai kompetensi di bidangnya masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session. Diantaranya, Gadis Rafidha Deviani, Public Speaker and Content Creator, dengan materi “Kiat Membangun Usaha Laris di Era Digital”.

Menurut Gadis, jangan menutup diri atau kamu yang akan rugi dunia digital sangat cepat bergerak dan berkembang jangan anti dengan perubahan sebaliknya belajarlah untuk cepat beradaptasi.

Pemateri lain, Astri Dwi Andriani, yang menyampaikan materi “Hobi Jadi Cuan Lewat Media Digital”, mengatakan branding adalah strategi untuk membangun citra diri yang kuat di tengah masyarakat.

“Personal branding dapat diartikan sebagai upaya seorang individu dalam mempromosikan atau memasarkan pengalaman karir dan juga dirinya sendiri sebagai sebuah merek,”kata Astri.

Sementara itu, Harliantara, Dekan Fikom Universitas Dr. Soetomo, menyampaikan materi berjudul “Mengembangkan Bisnis Menggunakan Sosial Media (Aman Digital)”. Menurut dia, transformasi digital membuat cara baru dalam bisnis. Dengan mengenal bisnis model di era digital diharapkan dapat memanfaatkan kemajuan teknologi.

“Sehingga masyarakat dapat meningkatkan dan pengembangan bisnis kita kita dapat memanfaatkan untuk penyerapan penyederhanaan kerja sehingga memudahkan pencapaian target bisnis kita masing-masing,” paparnya.