Tanpa Perlawanan, Pembongkaran Bangunan Liar di Duta Indah Berlangsung Tertib

95
Alat berat tengah membongkar salah satu bangunan liar di komplek Duta Indah Bekasi, Kamis (18/11/2021). (Foto: info31.id/Budi Prakoso)

JAKARTA, Info31.id – Deretan bangunan permanen dan semi permanen yang berada di susuran saluran air komplek Duta Indah Bekasi, dibongkar petugas pagi ini.

Bangunan yang umumnya rata-rata kios kios dan aneka jajanan itu,  sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu, dirobohkan petugas dengan bantuan alat berat.

Sejumlah aparat keamanan yang terdiri dari unsur TNI, Polri dan 200 pasukan Satpol PP diterjunkan dalam mengamankan lokasi pembongkaran.

Menurut salah seorang warga yang juga karyawan sembako Mang Aas, penghuni kios sebelumnya telah mengkosongkan isi barang – barang tersebut, selain itu menurutnya surat pemberitahuan dan sosialisasi yang dilakukan sebelumnya membatu proses eksekusi pembongkaran.

Baca Juga; Kementerian Sosial Siapkan Penyuluh Sosial, Untuk Desa Berketahanan Sosial

Hingga berita ini diturunkan di lokasi tampak alat berat menghancurkan bangunan liar yang ditonton warga sekitar dan penggunan kendaraan yang melintas.

“Relatif aman karena sebelumnya warga sudah diberitahu, selain itu ratusan petugas keamanan yang mengawal pembongkaran juga membantu proses pengosongan dan pembongkaran,” Ujar Mang Aas.

Sementara itu menurut Camat Pondok Gede Bekasi, pembongkaran ini bagian dari kesepakatan yang dicapai pada RDP Komisi II DPR dengan perwakilan warga dan perwakilan unsur pemerintahan Kota Bekasi (01/11/2021).

Seperti diketahui, bangunan liar yang berdiri di pinggiran akses masuk Duta Indah pernah ditertibkan pada tahun 2016. Namun tak lama bangunan itu muncul lagi.