Tanpa Disadari, Era Digital Menyeret Masyarakat Lebih Konsumtif

7

LAMPUNG TENGAH, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Senin (13/9/2021). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Keynote Speaker Gubernur Provinsi Lampung, Ir. H. Arinal Djunaidi dan Presiden RI Jokowi. Tema besar webinar “Masyarakat Digital” oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Pembahasan tentang literasi digital merupakan pengetahuan serta kecakapan pengguna dalam memanfaatkan media digital, seperti alat komunikasi, jaringan internet dan lain sebagainya. Pergeseran aspek kehiupan akibat pandemi COVID 19, masuk tahun kedua pandemi di Indonesia menyebabkan sebagian besar aspek kehidupan berubah termasuk aspek pendidikan. Tuntutan untuk senantiasa berinovasi luring menjadi daring, bercengkrama menjadi mandiri, berkelana menjadi di rumah aja. Tanpa disadari menimbulkan mindset konsumtif.

Rasa frustasi terhadap pembelajaran daring dengan tumpukan tugas “ibarat memotong rumput di pinggiran jalan satu sisi selesai di sisi lain rumput sudah tumbuh kembali”. Rasa bosan berdiam diri di rumah, meghabiskan waktu dengan scroll sosmed, bermain game online, maraton menonton drama dengan tidak di sadari menanamkan mindset pada diri sendiri.

The power of sosial media. Informasi; jangkauan luas, mudah dibagikan, mudah diterima. Identitas; tercipta berdasarkan interaksi (postingan & komentar). Jejak; tersimpan dan abadi. Informasi; bagikan dan dapatkan informasi secara akurat dan kredibel hindari hoaks, sara, dan ujaran kebencian. Identitas; ciptakan personal branding yang baik ,tunjukkan potensi diri. Jejak; tinggalkan lah postingan atau komentar yang baik. “Tujuan pendidikan itu untuk mempertajam kecerdasan, memperkukuh kemauan, serta memperhalus perasaan” – Tan Malaka.