Tangani Dampak Erupsi Gunung Semeru, Kemenkeu Siapkan Dukungan Anggaran

44
Kementerian Keuangan telah menyalurkan dana bantuan awal sebesar Rp100 juta untuk membantu korban erupsi Gunung Semeru. (Foto: info31.id/Pool/Dok. Kemenkeu)

JAKARTA, info31.id – Jajaran pejabat Kementerian Keuangan diminta menyiapkan anggaran untuk membantu penanganan dampak erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur. Dukungan APBN melalui Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) juga disiapkan untuk menghadapi potensi bencana yang meningkat pada akhir dan awal tahun.

“Saya meminta jajaran Kemenkeu untuk bersiaga dalam mekanisme dukungan anggaran APBN maupun TKDD dalam menghadapi bencana alam yang berpotensi meningkat menjelang akhir tahun dan awal tahun,” ujar Menkeu Sri Mulyani dalam unggahan media sosial Instagram-nya, Minggu 5 Desember 2021.

Melalui program “Kementerian Keuangan Peduli”, Kementerian Keuangan telah menyalurkan dana bantuan awal sebesar Rp100 juta untuk membantu korban erupsi Gunung Semeru. Bantuan tersebut dikoordinasikan jajaran kantor vertikal Kementerian Keuangan di Jawa Timur bekerjasama dengan satuan tugas bencana setempat.

Bantuan tersebut antara lain telah dibelanjakan untuk membeli beberapa barang, seperti terpal, alas kaki, pakaian, makanan, perlengkapan bayi, obat-obatan dan perlengkapan mandi. Bantuan langsung disalurkan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang.

Sekadar informasi, program “Kementerian Keuangan Peduli” merupakan sebuah program dari pegawai Kementerian Keuangan dalam kebaikan untuk mempererat hubungan sesama anak bangsa.
Program tersebut bertujuan membantu meringankan beban atas musibah bencana yang terjadi di masyarakat. Dana yang digunakan Kementerian Keuangan Peduli berasal dari sumbangan sukarela pegawai di seluruh unit kerja yang tersebar di seluruh Indonesia.