Swiss Akan Kejutkan Portugal

56
Christian Ronaldo. Foto: Reuters

Cristiano Ronaldo punya tugas berat pada Rabu (7/12) dini hari nanti. Pertahanan yang terorganisir rapi dan baik tim Swiss harus mampu dia lewati untuk mencetak gol dan membawa Portugal melaju ke perempat final.

Pertemuan Portugal dengan Swiss sebenarnya sudah beberapa kali, terakhir di Nations League (Liga Negara UEFA) 2022, masing-masing memenangkan satu pertandingan.

Cristiano Ronaldo mencetak dua gol mengalahkan Swiss 4-0 pada awal Juni lalu. Namun seminggu kemudian, giliran Swiss mengalahkan Portugal dengan gol semata wayang. Rentetan serangan Portugal mampu dimentahkan oleh barisan pertahanan Swiss.

Bukan tidak mungkin peristiwa lalu itu akan terulang di Stadion Lusail Iconic Stadium, Qatar. Portugal memang menunjukkan tim kuat, tetapi bukan tidak mungkin Swiss memiliki kemampuan untuk mengancam dan mengalahkan Portugal.

Portugal memuncaki Grup H, mencetak enam gol dalam tiga pertandingan. Swiss menempati posisi kedua di Grup G setelah memenangkan pertandingan terakhir mengalahkan 3-2 Serbia dengan cara yang dramatis.

Swiss yakin Portugal akan bermain habis-habisan. Pelatih Swiss, Murat Yakin tentu akan menerapkan taktik saat mereka biasa membuat Brasil dan Kamerun frustrasi dalam dua pertandingan penyisihan grup pertama.

Usia Ronaldo memang sudah tidak muda lagi, tetapi masih menjadi subur dalam mencetak gol, seperti halnya Bruno Fernandes dari Manchester United, yang mencetak dua gol melawan Uruguay. Namun nama besar Ronaldo tidak membuat pasukan Swiss gentar. Mantan pemain sayap Liverpool Xherdan Shaqiri terlihat bersemangat bertemu Portugal, juga pemain depan Breel Embolo, yang telah mencetak dua gol, akan berusaha menekan bek pasukan Pepe dengan kecepatan dan kekuatannya.

Swiss memiliki kekuatan besar seperti Jepang, Korea yang bisa membalikkan keadaan, seperti saat di Euro 2020 Perancis. Swiss membuat Perancis mati-matian bermain di kandangnya sendiri.