Strategi Marketing Terintegrasi Dibutuhkan Pengelola Radio

8

LIMA PULUH KOTA, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Sabtu (11/9/2021). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Keynote Speaker Gubernur Provinsi Sumatera Barat, H. Mahyeldi Ansharullah, S.P dan Presiden RI Jokowi. Webinar membahas tentang “Tren Radio Di Era Digital” oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang influencer yang akan ikut berpartisipasi.

Seperti yang kita pahami Radio adalah salah satu jenis media massa satu arah yang berfungsi menyampaikan berbagai hal, seperti berita, informasi dan hiburan kepada masyarakat pendengar dengan jangkauan yang luas. Radio telah menjalani proses perkembangan yang cukup lama sebelum menjadi media komunikasi massa seperti saat ini, tentunya dimulai dari suatu peralatan yang sangat sederhana.

Radio adalah sebuah industri dimana penyelenggaraannya diatur oleh pemerintah. Radio sebagai badan usaha tentunya punya visi dan misi meraih profit untuk membayar karyawan dan juga biaya operasional. Sumber pendapatan Lembaga Penyiaran Swasta Radio diperoleh dari siaran iklan dan usaha lain yang sah yang terkait dengan penyelenggaraan penyiaran seperti menjual airtime radio.

Berkaitan dengan perolehan iklan sebagai satu-satunya income usaha, sangat bergantung kepada popularitas dan eksistensi radio itu sendiri, menurut Yuzermin sebagai Direktur PT. Radio Harau Magentara Angkasa.

Tips untuk radio, antara lain buat strategi marketing yang terintegrasi on air dan online serta off air, maksimalkan kreatifias dalam komunikasi produk klien, tinggalkan gaya lama, kreatifkan model live streaming sehinga tidak kaku, marketing dan kreatif depertemen digital harus menyatu, buat paket program jualan yang menarik dan sulit tolak oleh klien karena benefidnya besar, dan terukur, serta optimasi masing-masing media sosial.

Cara agar radio dapat terjaga eksistensi dan selalu aktif di dunia digital, antara lain peran program yang diunggulkan, peran penyiar dalam kemampuan public speaking, peran saran internet untuk menggunakan sarana streaming, serta membuat program kreatif.