Status PPKM Turun Jadi Level 2, Wahana Indoor di TMII Masih Ditutup

25
Sebagian wahana di Taman Mini Indonesia Indoah (TMII) masih ditutup bagi pengunjung. (Foto: info31.id/Pool/Dok. TMII)

JAKARTA, info31.id – Sebagian wahana di Taman Mini Indonesia Indoah (TMII) masih ditutup bagi pengunjung. Kepala Humas TMII Adi Widodo mengatakan, pihaknya menutup sementara wahana indoor karena belum mendapatkan izin beroperasi.

“Kalau wahananya yang kami buka dan yang diizinkan itu baru yang outdoor. Kalau yang indoor sementara belum kami operasionalkan sampai dapat izin,” ujar Adi saat dihubungi, Rabu (20/10/2021).

Wahana indoor yang ditutup antara lain museum dan ruang dalam anjungan atau rumah adat yang ada di TMII. “Saat ini baru hanya sebatas sampai halaman untuk masuk ke rumah adat, kemudian untuk museum juga belum kami buka karena belum diizinkan,” kata Adi.

Saat libur Maulid Nabi Muhammad SAW ada 6.932 wisatawan mengunjungi TMII Jakarta Timur, Rabu (20/10). Data jumlah pengunjung tersebut berdasarkan penjualan tiket daring hingga pukul 18.00 WIB. Selain jumlah pengunjung, manajemen juga mencatat jumlah kendaraan terdiri dari 1 bus, 1.405 mobil, 738 sepeda motor, dan 157 sepeda.

Pengelola TMII tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Dalam hal ini, pengunjung wajib melakukan scan kode batang pada aplikasi PeduliLindungi, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Lebih lanjut, setelah pemerintah menurunkan status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) menjadi level 2, kapasitas pengunjung yang diizinkan maksimal 25 persen atau sekira 15 ribu orang.