Sopan dan Beradab di Media Sosial

17

LUBUKLINGGAU, Info31.id – Ketika berselancar di media sosial kita sebagai pengguna harus paham dengan namanya sopan dan beradab di internet. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera Selatan tepatnya Kabupaten Lubuklinggau, Selasa (7/9/2021).

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Tren Pekerjaan Dan Usaha Di Dunia Digital, Cyber Safety Tips Dan Pentingnya Internet Sehat, Literasi Digital Bagi Tenaga Pendidik Dan Anak Didik Di Era Digital, Serta Bijak Di Kolom Komentar.

Sebagai Keynote Speaker adalah Walikota Lubuklinggau yaitu, Drs. H. SN. Prana Putra Sohe, MM yang memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021. Webinar membahas tentang “Sopan dan Beradab di Media Sosial” oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang influencer yang akan ikut berpatisipasi.

Pembahasan tentang akselerasi pemanfaatan teknologi digital serta menjalankan internet sehat untuk kepentingan pribadi. Pemerintah telah berupaya semaksimal mungkin untuk bijak dalam penggunaan internet, seperti informasi pribadi dan keamanan perlindungan privasi di media sosial.

Dalam bermain media sosial terdapat jejak digital yang sulit untuk dihilangkan. Untuk itu kita perlu mengantisipasi berupa unggahan foto, video, dan status di media sosial bisa menghapusnya secara manual. Bila ingin menghapus akun secara keseluruhan di media sosial atau laman, maka bisa mengikuti aturan dan cara masing-masing yg telah ditentukan.

Tak lupa untuk menguhubungi layanan Customer service atau pemilik platform untuk mendapatkan informasi lengkapnya mengenai menghapus jejak digital atau akun yang dimiliki. Kemampuan individu sangat penting untuk menyadari, mencontohkan, menyesuaikan diri, merasionalkan, mempertimbangkan, dan mengembangkan tata kelola etika digital kehidupan sehari-hari.

Maka dari itu menggunakan internet di media sosial harus memiliki sikap sopan dan beradab. Karena mendapatkan manfaat dari dunia digital adalah bisa meningkatkan branding, memperluas koneksi, dan memperkuat bisnis. Selain itu, literasi digital ini sangat mendukung, agar para pengguna jejaring lebih positif dalam bermain media sosial.

Marilah bijak dalam menggunakan internet, agar Indonesia makin cakap digital. Kita perlu fokus sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki untuk mengembangkan diri. Jangan lupa untuk menjaga ucapan dan mengajak bersama-sama menjadi pembawa budaya literasi digital. Mudahnya manfaat digital untuk mempelajari e- learning, apa pun bisa dilakukan dengan digital.