Sopan dan Beradab di Media Sosial

15
Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. (Foto: Info31.id / Pool / Dok. Kemenkominfo).

LAMPUNG TENGAH, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Rabu (22/9/2021). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Keynote Speaker Gubernur Provinsi Lampung, Ir. H. Arinal Djunaidi dan Presiden RI Jokowi memberikan sambutan dan mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang “Sopan dan Beradap di Media Sosial” oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Winarsih, M.Pd sebagai Pengajar dan Social Activation menuturkan, konten positif yang perlu diunggah di sosial media antara lain, konten inspiratif, konten edukatif, konten informatif, dan konten menghibur. Konten positif tidak menghina, mencela, memfitnah, melecehkan, menghasut, mengumpat, mencemarkan nama baik, menipu, dan lain-lain. Cerdas bermedia sosial diantaranya menjaga privasi, menjaga keamanan, menghindari hoaks, menyebarkan hal positif, dan menggunakan media sosial seperlunya.

Andi Wahyu Saputra sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) dan Indonesian Trainer Forum (ITF) memaparkan, bijak menggunakan media sosial sesuai dengan norma agama, norma sosial, dan UU ITE. Batasan menggunakan media sosial yaitu tidak menyebarkan konten-konten yang menyinggung sara dan memecah kerukunan antar sesama atau umat beragama.

Anggun Yanuar, S.Pd sebagai Ketua Lampung Research and Consulting mengatakan, kiat-kiat berinteraksi di ruang digital yaitu, menggunakan kata dan kalimat yang baik, berbahasa yang baik, ramah, dan sopan, menggunakan panggilan atau sebutan orang yang baik, dan tidak mengusik privasi orang lain. Etika kolaborasi di ruang digital antara lain, tahu peran dan tanggungjawab, bekerja dengan tim, dan berkomunikasi dengan baik.