Sopan dan Beradab di Media Sosial

9

LAMPUNG SELATAN, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Kamis (16/9/2021). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Keynote Speaker Gubernur Lampung, Ir. H. Arinal Djunaidi dan Presiden RI Jokowi memberikan sambutan dan mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Tema besar webinar “Sopan dan Beradab di Media Sosial” oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Pembahasan tentang penggunaan bahasa yang baik dan benar di dunia digital. Bahasa sebagai alat komunikasi bahasa Indonesia adalah bahasa pemersatu dari 700 lebih bahasa daerah, perubahan bahasa penggunaan singkatan, bahasa gaul, bahasa alay, campuran bahasa lain, dan menggunakan simbol.

Etikanya adalah hindari penyebaran saran, gunakan bahasa yang sopan, kroscek sebelum sharing, menghargai hasil karya orang lain, jangan menyebar foto dan tulisan dari orang lain tanpa mengutip, jangan mengumbar informasi pribadi, pergunakan jejaring sebaik mungkin.

Cara yang baik adalah hindari huruf kapital, cermat mencerna informasi, berbahas yang baik, dan dampak teknologi digital sangat lah besar, menurut Nila Karnila sebagai Redaktur Media Cetak Lampung News & Lenews.id.

Narsum kedua Geo Galadra Binangkit, S.T sebagai Kepala Staf Resimen Mahasiswa Radin Inten (Provinsi Lampung) mengatakan bahwa, sopan santun merupakan cerminan dari setiap individu, oleh karnanya sangat penting bagi kita dalam setiap memberikan komentar atau mengunggah kreasi dimedia sosial harus memperhatikan bahasa yang kita pergunakan agar tidak meninggung pihak-pihak yang membaca atau melihat unggahan kita.