Siaran Melalui Internet, Solusi Radio Kian Tergerus Zaman

13

KABUPATEN TEBO, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Sabtu (11/9/2021). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Keynote Keynote Speaker Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan, B.S dan Presiden RI Jokowi. Tema besar webinar “Tren Radio di Era Digital” oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Pembahasan tentang radio konvensional merupakan media penyalur informasi berbentuk audio. Radio pertama kali mengudara di Indonesia 11 September 1945. Namun dengan adanya Kehadiran handphone merubah cara masyarakat mendengarkan radio yang sebelumnya mendengar melalui radio transistor dengan kehadiran handphone yang di lengkapi fitur radio, beralih ke handphone.

Layanan penyiaran radio melalui internet, pertama: web progam (program, marketing, event, dan lain-lain), kedua: streaming radio (memperluas jangkauan dan menaikan jumlah pendengar). Sedangkan appstore atau playstore yaitu konten program, playlist, podcast, musik, sosial media, dan lain-lain.

DI era digital saat ini Radio konvensional harus bisa menyesuaikan perkembangan yang kemajuannya sangat cepat dengan segala keunggulanya. Internet tidak dapat dipisahkan dengan segala aspek gaya hidup saat ini termasuk gaya hidup dalam menikmati media radio sehingga integrasi radio konvensional dengan Internet sangat penting.

Internet dan radio konvensional Ibarat VAKSIN Covid 19 dengan Tubuh kita, agar radio konvensional dapat bertahan dan lebih maju dan kuat maka harus manfaat Internet,menurut Sunarno sebagai Direktur PT. Radio Manggis.