Sebelum Diunggah di Medsos, Pilih Konten Secara Bijak

6

MANDAILING, Info31.id – Media sosial memberikan kebebasan bagi para penggunanya tetapi bukan berarti bebas tanpa etika. Jaga sopan santun dan selalu bersikap respect kepada teman atau orang-orang yang terkoneksi diakun media sosial. Hindari penggunaan kata-kata kasar dan mengandung unsur SARA.

“Kita harus menyadari tiap akun media sosial bisa dilihat oleh publik. Oleh karena itu, kita harus lebih bijak memilih konten-konten sebelum diunggah,” ujar Yasmir Chaniago, Wartawan Senior Sumut, dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital – “Bijak Bermedia Digital”, Kamis (30/9/2021).

Webinar diselenggarakan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika di 77 Kabupaten/Kota, Wilayah Sumatera, dari Aceh hingga Lampung. Hadir dalam acara, Presiden RI Jokowi dan Gubernur Provinsi Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, memberi sambutan dan mendukungan Literasi Digital Kominfo 2021.

Pembicara lain yang juga Dosen PNS STAIN Mandailing Natal, Muhammad Fadlan, mengatakan saat ini Indonesia sudah masuk era revolusi industry 4.0, yang serba digital mulai dari urusan dapur, keuangan hingga pendidikan. Teknologi menawarkan fasilitas yang serba mudah dan memungkinkan.

“Saat ini kegiatan yang kami lakukan sudah berubah dari cara klasikal menjadi digital. Dimana, pertemuan, rapat pembelajaran di kelas sudah menggunakan virtual meeting dan memanfaatkan teknologi online,” akunya.

Content Creator, Jessica, menambahkan kejahatan cyber di era digital semakin canggih. “Karena itu, dalam akun media sosial jangan pernah mencantumkan informasi pribadi yang detail. Protect your privacy. Sebab, kita tidak pernah tahu ancaman apa yang sedang sedang mengintai,” pesannya.