Sebanyak 42,6 Juta Jiwa Menerima Manfaat Dana Desa Sepanjang Tahun 2020

Kepala Pusat Data dan Informasi Kemendes PDTT Ivanovich Agusta menyampaikan pemaparanya dalam diskusi FMB9 bertajuk Implementasi Pemulihan Jaminan Sosial Yang Adil dan Merata, Selasa,(29/12/2020).

Jakarta,info31.id – Sebanyak  42.696.722 jiwa telah menerima manfaat Bantuan Lansung Tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa sepanjang tahun 2020. Sesuai amanat Presiden Joko Widodo, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) memastikan bahwa dana desa dapat dimanfaatkan oleh warga desa sendiri terutama golongan bawah.

“Saat ini ada 118 juta masyarakat Indonesia yang tinggal didesa, angka 42,7 juta penerima manfaat BLT dana desa itu proporsinya mencapai 36, 18 % dari warga desa lapisan bawah. Inilah paling tidak untuk pertamakalinya kita dapat memastikan 36% warga desa lapisan paling bawah,sudah mendapatkan manfaat dari dana desa,” ujar Kepala Pusat Data dan Informasi Kemendes PDTT Ivanovich Agusta dalam diskusi FMB9 bertajuk Implementasi Pemulihan Jaminan Sosial Yang Adil dan Merata, Selasa,(29/12/2020).

Ivanovich Agusta mengatakan, jika menggunakan data BPS golongan miskin di desa menurut survey-survey yang dilakuan BPS berjumlah sekitar 14 juta jiwa. Sementara program BLT dan kegiatan pembangunan desa lewat dana desa sudah mencakup 36%, ini  artinya lebih dari dua kali garis kemiskinan yang ada di desa sesuai survey BPS.

“Data kementrian keuangan pada akhir November menyampaikan bahwa jaring pengaman sosial berhasil membuat 3,43 juta warga yang persis berada di atas garis kemiskinan tidak sampai jatuh ke jurang kemiskinan. Dari 3,43 juta warga yang aman itu, paling tidak ada 1,7 juta jiwa di desa yang tidak sampai jatuh ke kawah kemiskinan tersebut,” tambahnya.

Menurutya Agusta, dana desa sendiri selain diberikan kepada golongan terbawah juga diberikan kepada 1,4 juta keluarga yang kehilngan mata pencaharian. Ini angka yang penting, karena menurut kementrian keuangan 10% golongan terbawah itu justru pendapatnya tidak turun lantaran adanya berbagai bantuan sosial.

Dia menuturkan, penerima manfaat BLT dana desa yang paling dominan adalah keluarga yang miskin sejak dulu belum terdata dan kini menerima manfaat BLT dana desa.

“Ada 5,31 juta keluarga yang sebetulnya sudah miskin tapi tidak pernah terdata sebagai penerima bantuan sosial tahun ini menerima bantuan sosial melalui BLT dana desa,” jelasnya.

Telah Salurkan Rp71,48 Triliun Dana Desa

Hingga saat ini per tanggal 29 Desember 2020, dana desa yang sudah tersalurkan  Kemendes PDTT mencapai 71,48 triliun atau 99,87%. Menurut Agusta, ini artinya sudah hampir seluruh dana desa telah tersalurkan di desa-desa.

Namun demikian ada 63 desa yang tidak mendapatkan dana desa karena adanya  berbagai masalah antara lain  terkait tata wilayah di desa. Ada juga ada belasan desa yang bermasalah terutama pada kepala desa dan perangkat desa, sehingga dana desa pada tahap pertama dan kedua itu dihentikan.

“Tahun 2020 ada distrupsi terhadap dana desa. Tahun sebelumnya, alokasi dana desa untuk bencana dan kebutuhan mendesak tidak lebih dari 10%,  tapi tahun ini jumlahnya sudah 41% dari dana desa yang ada. Artinya bahwa dana desa itu digunakan untuk kebutuhan warga desa saat ini,” Tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here