Radio Masih Jadi Sumber Informasi Akurat

11
Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. (Foto: Info31.id / Pool / Dok. Kemenkominfo).

KABUPATEN TOBA, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Sabtu (11/9/2021). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Keynote Speaker Presiden RI Jokowi dan Gubernur Provinsi Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi. Webinar membahas “Tren Radio di Era Digital” oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang influencer yang akan ikut berpartisipasi.

Pembahasan tentang radio memang masih menjadi media sumber informasi akurat yang dibutuhkan publik. Perannya semakin terasa saat pandemi COVID 19. Informasi dan berita yang disampaikan melalui radio cukup menjadi acuan masyarakat untuk mengikuti perkembangan COVID 19. Survei Badan Pusat Statistik (BPS) tentang Perilaku Masyarakat di Masa Pandemi pada September 2020 mencatat 24,8 persen responden mendapatkan informasi pencegahan COVID 19 dari radio.

Bukan hanya itu saja radio memiliki jenisnya juga yaitu sebagai organisasi, radio pemerintah, radio swasta, dan radio komunitas (kerohanian & akademis). Sedangkan jenis radio berdasarkan teknologi itu ada transmitter dan digital (DAB/DRM), menurut Riki Mochammad Eikal sebagai Radio Program Director Del FM Toba.

Adapun keutamaan radio, mudah beradaptasi, melestarikan budaya, mitra usaha lokal, mendukung musisi lokal, teman aktivitas, info valid dan netral. Radio merupakan media kreatif yang tidak boleh berhenti berinovasi, namun tetap harus mempertahankan medium utama audio serta menjaga nilai-nilai sebuah radio.

Seiring kemajuan jaman di era digital, maka berikut ini divisi yang ideal diperlukan oleh sebuah stasiun radio agar tetap eksis dan berjaya, yaitu ON – LINE: social media specialist (admin, konten & promo digital), video atau photographer & graphic designer, web atau software developer (apps & SEO), ON-AIR: program producer dan creative producer, ON – GROUND: promotion (kerjasama lapangan & digital).