Publikasi Online Jadi Solusi Mimimnya Anggaran Promosi Pariwisata

Literasi Digital

10

MUARO JAMBI, Info31.id – Melakukan publikasi secara online guna menarik wisatawan luar atau pun dalam negeri merupakan salah satu strategi mengatasi minimnya anggaran promosi pariwisata.

Demikian diungkapkan Superwiratni, pembicara dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital – “Transpormasi Pariwisata di Era Digital”, Selasa (28/9/2021). Webinar diselenggarakan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika di 77 Kabupaten/Kota, Wilayah Sumatera, dari Aceh hingga Lampung.

Hadir dalam webinar, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno dan Direktur Jendral Aplikasi Informatika Kemenkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, memberikan sambutan sekaligus terhadap kegiatan Literasi Dgital Kominfo 2021.

Menurut Superwiratni, pandemi Covid-19 memukul hampir seluruh sendi perekonomian Indonesia, dan sektor pariwisata termasuk paling terpuruk. Karenanya, pemerintah melakukan segenap daya dan upaya demi pemulihan ekonomi. Salah satunya, mempercepat vaksinnasi dan penerapan protokol kesehatan ketat di tempat-tempat wisata.

Pembiara lain, Asep Firdaus ZM menjelaskan promosi harus didukung pelayanan memadai dan kekinian, salah satunya konsep customer journey. Misalnya, promosi virtual dengan mengoptimalkan kemajuan teknologi.

“Dimana, destinasi atau event sudah direkam ke dalam model virtual sehingga calon customer bisa berkeliling secara virtual melalui gadgetnya untuk melihat-lihat sebelum memutuskan pilihan tempat liburannya,” paparnya.

Tya Yustia, Content Creator dan Presenter TV, menambahkan bahwa promosi pariwisata bisa dilakukan dengan mengeksplor keindahan Indonesia, lalu menuangkannya dalam konten vlog.

“Dengan begitu, selain destinasi wisata yang dituju, setiap wisatawan juga dapat menikmati seluruh keindahan alam dan budaya Indonesia melalui teknologi digital,” pungkasnya.