Jaga Privasi dan Keamanan di Dunia Digital

15

Padang Lawas Utara, Info31.id – Masalah privasi dan keamanan di dunia digital masih tetap hangat dibicarakan, terlebih saat ini hampir semua lini kehidupan sudah bergeser ke digital.

Sevira Elda, seorang praktisi Konten Kreator mengatakan, privasi dan keamanan data pribadi sesorang sangat sensitif karena bisa dipergunakan untuk tindak kriminal oleh pelaku kejahatan siber.

“Jika data pribadi tersebar luas, maka data pribadi dapat digunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab, ini bahaya,” ujarnya dalam webniar “Privasi dan Keamanan di Dunia Digital” yang digelar Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, di Padang Lawas Utara, Sumut, beberapa waktu lalu.

Saat ini, lanjtunya,  perlindungan data pribadi diatur dalanm Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), maka berhati-hatilah jika mempunyai niat untuk menggunakan data pribadi seseorang, bisa terkenal sanksi tindak pidana.

Pada kesempatan yang sama, akademisi Dickey Eikal, menjabarkan tips mengatasi dan menghindari kebocoran data pribadi, antara lain tidak mengklik link yang mencurigakan, mengelola password dengan baik, waspada jika menggunakan wifi publik, jangan sebar luaskan data pribadi, dan tidak memberikan kode OTP kepada siapapun, serta gunakan privasi tambahan.

“Data pribadi perlu dijaga, dikarenakan agar tidak ada yang berpura-pura menjadi seseorang, penjahat online dapat mengambil data pribadi, mencegah orang tidak dikenal mengetahui lokasi terkini, serta bijaklah bermedia social,” jelasnya.

Bagas Kurniawan pemerhati medsos, menjelaskan perlunya menjaga jejak digital tetap positif di internet agar dapat mempermudah mendapat pekerjaan serta tidak menambah musuh di dunia maya karena jejak digital yang negatif.

“Solusi agar aman di internet, meliputi periksa pengaturan akun dan kata sandi, tunjukan perilaku baik di dunia maya, tidak menyebarkan rumor, serta ganti password secara berkala,” katanya.

Webniar “Privasi dan Keamanan di Dunia Digital” merupakan rangkaian kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.