Privasi dan Keamanan di Dunia Digital

10

ASAHAN, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital, Jum’at (24/9/2021). Webinar membahas tentang “Privasi dan Keamanan di Dunia Digital” oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang content creator yang akan ikut berpartisipasi.

Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi, yang memberikan sambutan pembuka dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.

Menjaga privasi di duna digital adalah salah satu langkah mencegah penyalahgunaan data pribadi oleh pihak lain. Menurut Bagas Kurniawan, sebagai Digital Economy Consultant, menjelaskan Identitas digital merupakan instrumen yang digunakan untuk membuktikan eksistensi seseorang di dunia digital.

Adapun manfaat mengelolah identitas digital di antaranya dilindungi oleh sistem keamanan paling canggih, lebih praktis, privasi identitas terjaga, dan membangun ekonomi digital. Perlu diketahui ada dampak negatif di dunia digital yakni memperlebar kesenjangan antargenerasi, kurangnya komunikasi dalam keluarga, dan maraknya aksi kejahatan seperti cybercrime, cyberbulliying, cybersquatting.

Meski begitu terdapat juga cara mengatasi hal tersebut di antaranya waspada ketika berselancar di dunia maya, luangkan waktu untuk berkegiatan fisik, perbanyak komunikasi dalam keluarga, dan tetapkan waktu tanpa gawai di dalam keluarga.

Selain pemaparan di atas yang harus dijaga keamanan privasi di dunia digital iala data pribadi. Umumnya data pribadi merupakan informasi penting tentang seseorang dimana informasi tersebut dapat digunakan untuk tujuan tertentu, sehingga harus dijamin dan dilindungi kerahasiaanya.

Ada tips melindungi data pribadi, meliputi selalu cermat dan waspada, aktifkan cyber security, virus screening dan perbarui operasi sistem, etika berdigital, dalami kecakapan literasi digital, tidak mengumbar data pribadi, serta langkah baiknya periksa status rekening bank secara rutin.