Pentingnya Internet untuk Pengenalan Budaya

14

OKU TIMUR, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Kamis (30/9/2021). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Keynote Speaker Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, H. Herman Deru, S.H dan Bupati Ogan Komering Ulu Timur H. Lanosin, ST, memberikan sambutan mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang “Pentingnya Internet untuk Pengenalan Budaya” oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang influencer yang akan ikut berpartisipasi.

Iman Darmawan, ST menjelaskan tentang Positif kreatif di dunia internet. Internet tanpa diragukan lagi adalah salah satu sumber daya terbaik untuk mendapatkan sebuah informasi dan berbagi ilmu pengetahuan. Indonesia memunculkan dampak di masyarakat baik positif maupun negatif. Kita harus pintar menggunakan internet jangan termudah dengan informasi yang tidak benar atau hoax.

Menurut Joddy Caprinata membahas Menjaga diri tetap sehat dalam dunia maya yaitu melatih menggunakan produk digital, mengupdate informasi tentang dunia digital dan memanfaatkan kekuatan dunia digital. Menjaga diri tetap sehat dalam dunia maya : berperilaku sopan serta santun, menghindari emosi, mencurahkan emosi positif dan mengurangi berita hoax.

Firwanto M Isa, S.Hum membahas unggah konten yang bermanfaat hati hati menggunggah foto atau gambar, konten dan komentar. Kita juga harus menjaga privasi kita, jangan pernah bagikan data pribadi di internet harus menjaganya dengan baik baik suoaya tidak di salah gunakan dengan siapapun. Jangan tergiur jika tawaran dari media sosial yang tidak jelas di karenakan banyak penipuan yang sering terjadi di media sosial.

Zulfikriansyah, S.S menjelaskan pentingnya internet untuk pengenalan budaya yaitu Inovasi era teknologi di dalam sini telah di jelaskan memadukan kebutuhan dasar manusia dengan trend perkembangan teknologi sekarang berbasis internet. Inovatif mengenalkan kebudayaan daerah di era digital seperti : Buat video untuk memperkenalkan budaya serta pariwisata lokal, share foto yang menarik dan kearifan lokal, promosikan produk produk lokal.

Diakhiri oleh Key Opinion Leader oleh Felicia sebagai Influencer, Kita sebagai pengguna internet dengan baik dalam mencari informasi dan ilmu pengetahuan. Pentingnya wawasan kebudayaan dalam transformasi digital, di harapkan masyarakat tidak hanya memahami transformasi digital secara teknis tetapi juga psikologis.

Digital itu bersifat mengalir dan membuka batas artinya antar individu harus bekerja atau berinteraksi secara kolaboratif. Kita sebagai followers banyak juga bisa membantu pengenalan budaya budaya kita supaya masyarakat yang lain bisa mengetahui sejarah budaya yang kita punya dan memiliki tradisi adat istiadat.