Pentingnya Internet untuk Pengenalan Budaya

11
Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. (Foto : Info31.id / Pool / Dok. Kemenkominfo)

LAMPUNG BARAT, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Kamis (16/9/2021). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Keynote Speaker Gubernur Lampung, Ir. H. Arinal Djunaidi dan Presiden RI Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Tema besar webinar “Pentingnya Internet Untuk Pengenalan Budaya” oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Pembahasan tentang kemampuan menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk menemukan, mengevaluasi, memanfaatkan, membuat, dan mengkomunikasikan konten juga informasi dengan kecakapan kognitif maupun teknikal. Penggunaan Internet secara signifikan yang terjadi dewasa ini, mengubah gaya hidup maupun pandangan masyarakat dalam banyak hal.

Berbagai saluran tidak bisa lepas dari keberadaan internet mulai dari aspek pribadi hingga komunitas. Banyak hal yang saat ini dapat diakses melalui internet mulai dari pekerjaan, pribadi, perjalanan, seni, perpustakaan, gaya hidup, belanja, musik, olahraga, games dan lainnya, menurut Vicky Andrians Fiqrullah, S.Pd.Mat sebagai Sekretaris PMI Lampung Barat.

Budaya Indonesia. Potensi situs budaya Kabupaten Lampung Barat, memiliki keanekaragaman budaya yang menjadi kebanggaan sebagai warisan lebih dari 1.340 suku, Indonesia memiliki kekayaan tak ternilai harganya. Budaya merupakan pikiran akal budi, adat istiadat, sesuatu mengenai kebudayaan yang sudah berkembang (beradab, maju), sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan dan sudah sukar diubah.

Untuk mempromosikan budaya bisa melalui media digital dengan berbagai keuntungan, murah dan mudah. Optimalkan penggunaan internet untuk mendapatkan berbagai ilmu dan informasi. Namun tetap harus waspada karena ada hukum yang mengatur dan menjerat siapa saja yang melanggar etika yang ada di dunia digital.