Pentingnya Internet untuk Pengenalan Budaya

8

MERANGIN JAMBI, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Rabu (8/92021). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Sebagai Keynote Speaker Direktur Jendral Aplikasi Informatika yaitu, Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc dan Presiden RI Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Tema besar webinar “Pentingnya Internet untuk Pengenalan Budaya” oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Pembahasan tentang budaya Indonesia seluruh kebudayaan nasional, kebudayaan lokal, maupun kebudayaan asal asing yang telah ada di Indonesia sebelum Indonesia merdeka pada tahun 1945. bahwa Indonesia memiliki beragam suku bangsa dan budaya yang beragam seperti tarian daerah, pakaian adat, dan rumah adat. Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budia atau akal), diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.

Bentuk lain dari kata budaya adalah kultur yang berasal dari bahasa latin yaitu cultura. menurut Arliana, S.Pd sebagai Guru atau Pembinan Komunitas Anak Merangin. Kelebihan pengenalan budaya Indonesia melalui literasi digital yaitu, memiliki sifat yang cukup unik karena menggabungkan kemampuan cetak, audio, sehingga pengguna dapat mengakses informasi secara lebih interaktif, sehingga menjadikan media online memiliki potensi untuk digunakan sebagai media pembelajaran, khususnya literasi mengenai budaya.

Narasumber lain yaitu Nugrahaning Esa Pratiwi, S.I.Kom, M.I.Kom sebagai Dosen Politeknik Bhakti Semesta menambahkan, dampak positif di internet tidak perlu diragukan lagi banyak yang bisa kita manfaatkan untuk membantu mempermudah pekerjaan kita sehari-hari, tetapi yang harus kita jadikan pertimbangan adalah dampak negatifnya karena internet tidak saja diakses oleh orang tua melainkan juga remaja dan anak-anak.

Kreatif dapat didefinisikan sebagai suatu kemampuan dalam menciptakan hal-hal baru atau cara-cara baru yang berbeda dari sesuatu yang sudah ada sebelumnya, kreatif di era digital memiliki inovasi baru yang menarik, dengan berkembangnya teknologi maka bisnis pun juga mengalami perkembangan. Dalam Aman berinternet dapat melakukan tips sebagai berikut gunakan internet untuk mengakses konten positif, hapus malware yang tidak digunakan , validasi link yang mencurigakan, dan perhatikan orang asing.