Penting Untuk Bijak Bermedia Digital

6

Solok Selatan, info31.id – Sejak pandemi Covid-19 menyerang, sebagian besar orang mulai melakukan aktivitasnya dari rumah dan mengandalkan sosial media serta jaringan internet sebagai perantara penghubung ke dunia luar.

Sosial media menjadi sarana penghibur dan bertukar kabar yang paling utama antar sesama saat ini, namun ada dampak positif dan negatif dari penggunaan sosmed.

Akademisi Universitas Indonesia YPTK Padang Ulya Ilhami Arsyah mengatakan, bijak dalam bermedsos adalah memiliki kemampuan untuk membedakan dan menilai suatu kebenaran dengan tepat.

“Ciri-ciri orang bijak adalah haus informasi, mampu mengatasi masalah, selalu berpikir jernih, berpikir sebelum berbicara, tidak pernah menganggap dirinya cerdas, dan selalu bertanya dengan pertanyaan yang tepat,” ujarnya dalam webniar Bijak Bermedia Digital yang digelar Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika di Solok Selatan, , Sumatera Barat, beberapa waktu lalu.

Dijelaskan, akibat dari tidak menggunakan internet secara bijak diantaranya, terjebak dengan konten hoaks, gaya hidup konsumtif, melihat hal-hal yang belum sepantasnya, mengalami stress, dan depresi akibat cyberbullying.

“Tips bijak bersosial media yaitu, hindari penyebaran informasi pribadi, ketahui konten yang bersifat publik dan privasi, cek kebenaran informasi, dan gunakanlah kata-kata yang sopan atau tidak menyinggung perasaan orang lain,’ jelsanya.

Rio Alief Radhanta, M.M sebagai Additional Drummer Noah dan juga Enterpreneur, mengatakan, konten media yang bersifat privasi di dalam gadget sangat beresiko tinggi.  Rio memberikan tips agar terhindar dari kejahatan penyalahgunaan informasi digital antara lain dengan menguasai apps, update password, hapus aplikasi tidak penting, rutin memeriksa history, dan sebarkan hal yang positi.

Dalam sesi Sharing sesason Desrianto, seorang  pelaku Trader menambahkan internet memudahkan masyarakat untuk berinteraksi dan mencari informasi sebanyak-banyaknya. Namun penting untuk bersikap bijak terutama dalam menggunakan sosial media.

“Karena dapat berdampak buruk jika kita tidak menggunakan internet dengan baik dan benar,” ujarnya.

Kegiatan webinar “Bijak Bermedia Digital” merupakan rangkaian dari Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.