Penting! Literasi Digital Bagi Tenaga Didik Dan Anak Didik di Era Digital

13
Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. (Foto : Info31.id / Pool / Dok. Kemenkominfo).

 

Lubuklinggau,info31.id – Sebagaimana orang dewasa, anak-anak saat ini juga tidak lepas dari dunia digital. Internet sehat untuk anak adalah salah satu solusinya.

Ersan Suria Pranoto, akademisi & CEO Suria Inti Corp memberikan tips keamanan internet untuk anak. Menurutnya yang dapat dilakuan oran tua  adalah membatasi akses internet untuk anak. Fitur atau apps parental control yang ada di Play Store atau appstore sudah menjadi fitur standar dari perangkat digital saat Ini.

“Set password, modem atau Router Wi-Fi atau perangkat digital dan penyedia akses internet lainnya. Login khusus anak pada komputer dan perangkat lainnya pilih akses terbatas, lalu klik Software dan apps,” ujar Ersan dalam webniar “Literasi Digital Bagi Tenaga Didik dan Anak Didik di Era Digital” yang digelar Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, di Lubuklinggau, Sumatera Utara, beberapa waktu lalu.

Ditambahkan, cara menghindari ancaman keamanan di ruang digital anatara lain dengan menjaga etika & tata bahasa, serta jangan asal posting konten.

“Filter akun-akun yang diikuti, dan lindungi privasi,” jelasnya.

Khadafiah Hilmi, Kepala SMK Pariwisata TELKOM Bandung mengatakan dunia digital adalah suatu sistem yang mempunyai jangkauan luas yang tidak terbatas ruang dan waktu juga bisa diakses.

Informasi digital adalah berbagai informasi baik itu data diri atau data lainnya dalam bentuk analog yang telah dirubah dalam bentuk digital yang bertujuan untuk mempermudah proses produksi, penyimpanan, pengelolaan dan distribusi dalam suatu kegiatan perusahaan maupun pribadi.

Sementara Identitas digital adalah berbagai informasi baik itu data diri atau data lainnya yang telah dirubah dalam bentuk digital yang bertujuan untuk mempermudah mengidentifikasi seseorang dalam dunia digital.

“Kumpulan jejak dari semua data digital baik itu dokumen atau akun digital, yang terdiri dari jejak digital aktif yaitu jejak yang dibuat secara sadar (contohnya medsos, email, form daring) sedangkan jejak digital pasif yaitu jejak yang muncul secara otomatis (contohnya alamat IP, Riwayat pencarian, lokasi) jejak digital ini membentuk citra anda di masa depan,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Nelly Carey seorang Vocalist & Influencer membagikan pengalamannya dalam literasi digital bagi tenaga didik dan anak didik di era digital. Menuruntya orang tua harus waspada dengan memperhatikan anak dalam menggunakan gadget.

“Ini penting agar tidak mendapatkan dampak yang tidak diinginkan,” imbuhnya.

Webniar “Literasi Digital Bagi Tenaga Didik dan Anak Didik di Era Digital’ merupakan rangkaian kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.