Pastikan Bermanfaat, Jangan Asal Unggah Konten

8
Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.(Foto : Info31.id/Pool/Kemenkominfo).

ACEH BARAT, Info31.id – Secara garis besar, privasi adalah hak untuk dibiarkan sendiri atau bebas dari gangguan maupun ancaman. Sedangkan privasi informasi merupakan hak untuk memiliki kendali atas bagaimana informasi pribadi dikumpulkan dan digunakan.

Demikian diungkapkan Chairman of Indonesia Internet Foundation, Jamalul Izza, dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital – “Bijak Sebelum Mengunggah di Media Sosial”, Kamis (30/9/2021).

Webinar diselenggarakan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika di 77 Kabupaten/Kota, Wilayah Sumatera, dari Aceh hingga Lampung. Hadir dalam acara, Presiden RI Jokowi dan Gubernur Provinsi Aceh, Nova Iriansyah, memberi sambutan dan mendukungan Literasi Digital Kominfo 2021.

Menurut Jamalul Izza, privasi harus dihormati sebagai hak individu atas kehidupan pribadi, bertindak tanpa paksaan, dan mempertahankan kendali atas informasi pribadi mereka. “Sistem keamanan privasi dalam suatu produk serta layanan gratis yang sesuai dan bisa diakses oleh siapa saja adalah sangat sulit,” katanya.

Karena itu, perlindungan pengguna memerlukan tanggung jawab untuk menjaga keamanan data pribadi pengguna. Hal ini sangat penting karena kemajuan teknologi dan kebutuhan keamanan terus berkembang.

Caranya, data pribadi dalam jejaring media sosial dapat dilihat oleh siapa saja di Internet secara default, jangan menggunakan layanan online untuk menyimpan informasi pribadi, dan lindungi ponsel dengan kata sandi yang aman serta atur notifikasi secara tepat.

Wakin Ketua STAIN Meulaboh. Erizar, menambahkan, sebelum mengunggah sesuatu ke media sosial kita harus memeriksa kembali konten yang ingin diposting, cari tahu apakah konten unduhan adalah bermanfaat. “Pastikan bahwa konten bisa membantu diri sendiri atau orang lain, sopan dan santun,” sarannya.