Pahami Pentingnya data Pribadi

5

Pasaman Barat, info31.id – Penggunaan sosial media di masyarakat dewasa ini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, baik bagi orang dewasa muda, remaja dan anak-anak. Apalagi, kondisi Pandemi membuat masyarakat beraktifitas dan bekerja di rumah.

Pengamat Teknologi Digital,  Eka Ramanza mengatakan, sesorang harus memahami data pribadi dengan cara bijak sebelum bermedsos. Menurutnya, akun pribadi dalam media sosial memang menjadi milik pribadi, namun kita tidak bisa sembrono dalam menggunaka medsos.

“Tetaplah gunakan media sosial dengan bijak, misalnya sharing pengalaman, berbisnis dan yang paling penting berpikir terlebih dahulu sebelum bertindak atau mengunggah agar tidak ada timbul masalah sebelum mengunggah,” ujarnya dalam webniar Memahami Pentingnya data Pribadi yang digelar Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika di Pasaman Barat, Sumatera Barat, beberapa waktu lalu.

Eka juga membertikan tips dalam bermedsos. “Hal yang harus diperhatikan sebelum memposting adalah jangan unggah dalam keadaan emosi, jangan unggah jika kita tidak mengetahui secara jelas, unggahlah sesuatu yang bermanfaat, unggahlah sesuatu yang sudah terbukti kebenarannya, dan jangan unggah hal yang menyinggung atau dapat menimbulkan masalah,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Widya Rastika, Managing Director Lowell dan Riley Strategic Communication Consulting mengatakan, menjaga data pribadi dapat dilakukan dengan memenej personal branding.

“Awasi personal branding kita dengan sering mencari nama dan nama belakang kita di google, atau buat dengan pencarian itu peringatan untuk menerima pemberitahuan melalui email. Periksa hasil pencarian untuk web, tetapi juga untuk gambar dan video,” ujarnya.

Dia juga memberikan tips dalam bermedsos hingga data pribadi kita terlindungi antara lain hilangkan konten yang telah diunggah dan yang dipilih untuk tidak terlihat lagi. Hapus tanda diri dan bila memungkinkan dalam kiriman dan foto yang dapat menimbulkan persepsi negatif.

“Baik atau buruknya identitas digital Anda, menunjukkan berapa besar peluang Anda secara sosial, akademik, dan maupun profesional. Sangat penting untuk memahami bahwa apa yang Anda bagikan secara online memiliki konsekuensi. Untuk itu, berpikirlah sebelum menerbitkan,” jelasnya.

Uda Rio sebagai Content Creator menambahkan, bahwa penting menjaga data pribadi agar tidak disalah gunakan untuk hal-hal negatif dan mencemarkan nama baik seseorang.

“Sebelum menggunakan sosial media kita harus lebih paham tujuan dari media sosial itu sendiri,” tambahnya.

Kegiatan webinar “Memahami Pentingnya data Pribadi” merupakan rangkaian dari Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.