Optimalkan Akal Budi Saat Berselancar di Dunia Medsos

7

DAIRI, Info31.id – Berpikir sebelum bertindak adalah sikap bijak pengguna media sosial saat akan mengunduh di dunia digital. Bijak itu sendiri ialah selalu menggunakan akal budinya, pandai, mahir.

“Ciri-cirinya, bersikap adil, tidak egois, memiliki tujuan, menerima apa adanya dan selalu mencoba memahami orang lain,” ujar Dosen PGSD UHKBPNP, Desi Sijabat, dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital – “Lindungi Diri di Dunia Digital”, Kamis (30/9/2021).

Webinar diselenggarakan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika di 77 Kabupaten/Kota, Wilayah Sumatera, dari Aceh hingga Lampung. Hadir dalam acara, Presiden RI Jokowi dan Gubernur Provinsi Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, memberi sambutan dan mendukungan Literasi Digital Kominfo 2021.

Dalam Key Opinion Leader, Artis Kota Pematangsiantar, Guido Hutagalung menekankan agar masyarakat lebih bijak dalam penggunaan media sosial, salah satunya dengan melindungi diri kejahatan cyber. “Selain itu, pengguna medsos juga harus menjaga dan melindungi data privasi serta tidak mudah tergiur dengan hal yang belum jelas,” imbuhnya.

Penyiar radio senior, Ari Utami Praktisi menyebut masih minimnya kesadaran masyarakat terhadap pengamanan data pribadi tidak terlepas dari literasi digital yang masih rendah. Untuk itu, literasi digital berupa basic skill diperlukan agar masyarakat semakin cerdas membuat dan mengolah informasi yang beredar di dunia maya.

“Literasi digital di dunia digital bisa memahami tren dan penguasaan perangkat teknologi, keterampilan digital untuk bertahan hidup, 170 juta pengguna aktif berbagai platform media sosial penggunaan 8 jam 52 menit setiap hari,” pungkas Ari Utami.