Nih, Cara Aman Saat Belanja Online

9

DELI SERDANG, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital, Kamis (23/9/2021). Webinar membahas tentang “Aman Saat Belanja Online” oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang influencer yang akan ikut berpartisipasi.

Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi., yang memberikan sambutan pembuka dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.

I Gede Putu Krisna Juliharta, S.T., M.T., menjabarkan resiko belanja online, antara lain kiriman salah alamat, penipuan, kualitas barang, permainan harga, barang dikirim terlalu lama, barang rusak saat pengiriman, serta data konsumen disalahgunakan.

Tips belanja online dengan aman, antara lain cari tahu reputasi penjual, cek ulasan produk, simpan bukti pembayaran, pastikan keamanan perangkat, cek paket dan hilangkan jejak data, baca deskripsi produk, serta cermati syarat dan ketentuan.

Menurut Dr. Dra. Hj. Miska Gewasari, MM., menambahkan pemahaman memahami aturan bertransaksi di dunia digital, antara lain media sosial sebagai lapak karakter, terbuka, serta tidak terbatas ruang dan waktu. Transaksi elektronik adalah transaksi atau pertukaran barang dan jasa melewati digital, ruang lingkup penyelenggaraan transaksi elektronik, publik, dan privat. Persyaratan transaksi elektronik, meliputi itikad baik, prinsip kehadiran, transparansi, serta akuntabilitas dan kewajaran.

Menurut Nurul Azizah Kusumaningrum, S.T., M.Entr., cara menggunakan aplikasi dompet digital, dengan cara unduh dan mendaftar melalui nomor ponsel, konfirmasi OTP, tautkan dompet digital dengan UPI id, serta tambahkan info kartu atau top up.

Tips aman dan bijak menggunakan dompet digital, meliputi Hi dari auto saving card, hati-hati jaringan wifi publik, rutin periksa laporan mutasi, serta segera laporkan penipuan. Kelebihan bertransaksi dengan e-wallet, meliputi proses transaksi mudah dan praktis, sistem keamanan yang optimal, pembukuan secara otomatis, serta banyak promo dan diskon.

Diakhiri dengan key opinion leader, oleh Azmy Zen sebagai presenter, menjelaskan saat ingin belanja online, pembeli harus mencari tahu reputasi penjual, jangan sampai pembeli ditipu karena lalai dalam mengecek keamanan saat belanja online. Bijak dalam transaksi elektronik, jangan sampai membeli barang sesuai dengan keinginin saja bukan kebutuhan.