Nakes dari Pusat Krisis Kesehatan Dikirim untuk Bantu Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru

70
Pantauan udara pada lokasi terdampak awan panas guguran (APG) Gunung Semeru di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. (Foto: info31.id/Pool/Dok. BPBD Provinsi Jawa Timur)

LUMAJANG, info31.id – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menerjunkan tim tenaga kesehatan (nakes) dari Pusat Krisis Kesehatan untuk membantu warga terdampak bencana erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur.

Seperti diketahui Gunung Semeru mengalami erupsi pada Sabtu 4 Desember 2021 sore. Musibah tersebut membuat warga khawatir, terlebih Semeru mengeluarkan awan panas yang cukup luas dan abu vulkanik yang cukup tebal.

Tim nakes dari Pusat Krisis Kesehatan dengan sigap langsung berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Mereka berangkat malam harinya ke lokasi terdampak bencana.

Baca Juga: Tinjau Daerah Terdampak Erupsi Semeru, Presiden Jokowi Pastikan Penanganan Berjalan Baik

”Tim Pusat Krisis Kesehatan dan BNPB sudah berangkat Sabtu (4/12) pukul 21.00 WIB menuju Kabupaten Lumajang lewat darat,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat drg. Widyawati, MKM.

Selain itu, tim juga membawa logistik berupa obat-obatan inflamasi, inhaler, salep mata, tenda, masker kain, masker medis, masker N95, dan hand sanitizer untuk petugas dan para warga terdampak bencana.

Logistik tersebut selanjutnya diserahkan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang untuk didistribusikan.