Milenial Wajib Kuasai Keterampilan Digital

9

Asahan, info31.id – Era digitalisasi merupakan tantangan tersendiri bagi generasi muda. Baimana tidak, kaum millenia mau tidak mau harus memiliki keterampilan digital untuk dapat bersaing di dunia kerja ataupun bisnis.

Praktisi konten digital, Virna Lim, kemampuan digital merupakan kemampuan menggunakan dan mengoperasikan hardware, software, dan brainware untuk memproduksi produk digital.

“Media digital termasuk didalamnya media sosial adalah wadah untuk dapat menghasikan karya yang bermanfaat,” Ujarnya dalam webniar Keterampilan Digital Yang Wajib Dikuasai yang digelar Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, beberapa waktu lalu.

Dia juga sempat memberikan tips dan trik terkait pembuatan konten di media digital. Untuk membuat konten yang baik pertama harus memahmi betul teknik pembuatan konten, kemudian kenali target audience.

“Konten harus menarik dan informatif, mempunyai ciri khas atau karakter, konten yang orisinil, menyertakan hastag, serta tema konten konsisten,” ungkapnya.

Dalam sesi sharing, Dwi Yanti seorang Influencer menambahkan, para millenial perlu meningkatkan keterampilan digital mereka. Penting bagi milenial untuk terus update pengetahuan mereka tentang dunia digital, ini agar mempermudah masyarakat mendapat pekerjaan.

Namun dia mengigatkan, para millenial juga harus memperhatian jejak digital mereka karena akan menjadi pertimbangan perusahaan saat melamar pekerjaan. Untuk mencegah cacatnya jejak digital, para millenial bisa mencegahnya dengna bijak dalam bermedsos.

“Jaga jejak digital karena saat ini para perusahaan akan melihat jejak digital calon pegawainya, jadi bijaklah dalam bermedsos,” pungkasnya.

Kegiatan webniar ini merupakan rangkaian dari Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.