Merah Putih Berkibar Kembali

6
Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari dan KE Rafiq Radinal bersama President WADA Witold Banka dalam ANOC General Assembly 2021. (info31.id/Pool/nocindonesia)

JAKARTA, info31.id – Pencabutan larangan berkibarnya bendera Merah Putih di event olahraga internasional tidak lama lagi bakal dicabut. Harapan ini berkaitan dengan Badan Anti-Doping Dunia (WADA) yang membuka diri untuk membantu Indonesia menyelesaikan pending matters guna mempercepat penangguhan sanksi. Hal tersebut disampaikan Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) yang juga Ketua Tim Akselerasi dan Investigasi, Raja Sapta Oktohari usai bertemu langsung dengan Presiden WADA Witold Banka dan Sekjen Olivier Niggli di General Assembly Asosiasi Komite Olimpiade Nasional (ANOC) di Crete, Yunani, Minggu (24/10).

“Selama ini ada kesulitan berkomunikasi dengan WADA karena masih melalui email. Sekarang kami telah memiliki direct line ke semua key person WADA dan dari pertemuan tersebut mereka sangat terbuka dan berkomitmen untuk membantu masalah ini,” terang Okto.

Lebih lanjut, kata Okto, NOC Indonesia melalui Satgas Pembebasan Sanksi WADA akan terus mendorong LADI untuk segera menyelesaikan 24 pending matters sebagai syarat pembebasan sanksi WADA. Sebagaimana diketahui, WADA menjatuhkan sanksi kepada LADI setelah dinilai tidak patuh menaati aturan dan program anti-doping yang efektif pada 7 Oktober 2021.