Menkominfo Dorong Pelaku Industri Gim Indonesia Tingkatkan Kapasitas untuk Kuasai Pasar

34
Menkominfo Johnny Gerard Plate. (Foto: info31.id/Pool/Dok. Kemenkominfo)

KUTA, info31.id – Pandemi Covid-19 menjadi momentum perkembangan industri gim di dalam negeri. Pertumbuhan industri gim yang bergerak sangat dinamis mendapat dukungan Pemerintah.

Melalui penyelenggaraan Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) 2021, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berupaya mendorong industri gim nasional menguasai pasar dalam negeri dan luar negeri.

“Kita ingin melihat para pelaku industri gim dalam negeri dapat menguasai pangsa pasar yang lebih besar di negeri sendiri, dapat menciptakan produk-produk gim yang bisa bersaing dengan game developer global, dan membuka mata dunia bahwa Indonesia bukan sekadar pasar tapi juga pemain penting dalam tatanan industri gim dalam negeri maupun luar negeri,” ujar Menkominfo Johnny¬†Gerard¬†Plate melalui rekaman video dalam IGDX 2021 Conference, yang berlangsung hibrida dari Kuta, Bali, Sabtu 20 November 2021.

Kementerian Kominfo berupaya memanfaatkan momentum perkembangan industri gim tersebut dengan meningkatkan kualitas dan kapasitas ekosistem gim nasional.

Baca Juga: Menkominfo Beberkan 3 Aspek Dasar Perkembangan Persiapan ASO, Apa Saja?

“Sekali lagi, menyatakan ingin berada sebagai inisiator dalam menangkap momentum tersebut sehingga bisa menghasilkan kebijakan dan program yang mendukung peningkatan kualitas dan kapasitas pelaku industri kreatif di Indonesia, secara khusus pelaku industri gim atau permainan di Indonesia,” tegasnya.

Dalam IGDX 2021 berlangsung empat kegiatan utama, yakni IGDX Academy, IGDX Business, IGDX Career, dan IGDX Conference. Di mana setiap kegiatan melibatkan banyak pihak dari pelaku industri gim baik dalam negeri maupun luar negeri.

“Saya berharap, ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para game developer lokal kita untuk mencari informasi, ilmu dan pengetahuan, jejaring baru,” ujar Menkominfo.

Menteri Johnny juga mendorong pelaku pelaku industri gim Indonesia mampu meningkatkan kapasitas perusahaan dan mendapatkan pendanaan.

“Saya berharap teman-teman mampu mendapatkan pendanaan yang dibutuhkan untuk membuat produk permainan atau gim yang lebih berkualitas juga meningkatkan kapasitas perusahaan yang teman-teman miliki,” ungkapnya.

Menkominfo mengharapkan penyelenggaraan IGDX 2021 terus menjadi sarana yang mampu menampung aspirasi pelaku industri gim Tanah Air.

“Saya akan terus mendorong dan mengawasi agar program ini dapat terlaksana dengan sebagaimana seharusnya dan terselenggara sesuai dengan target dan tujuan yang telah ditetapkan,” jelasnya.

Tingkatkan Daya Saing

Menkominfo mengapresiasi IGDX Conference 2021 yang berlangsung secara hibrida. Menurutnya, sejak pertama kali diselenggarakan tahun 2019, IDGX bisa menjadi wadah bertemunya pelaku industri gim global dengan industri gim lokal.

“Selain juga menjadi sarana peningkatan kualitas SDM industri game tanah air dan showcase bagi karya industri game dalam negeri. Dari laporan yang kami terima, bahwa dari peserta yang hadir saat penyelenggaraan IGDX di tahun 2019, sebanyak 66,1% diantaranya merupakan kalangan profesional. Peserta terbanyak kedua dari kalangan pelajar dan mahasiswa sebanyak 16,1%,” ungkapnya.

Pencapaian tersebut menunjukkan target peserta sudah sesuai dengan yang diharapkan, yaitu memfasilitasi pengembang gim profesional dan pelajar agar dapat meningkatkan kemampuan serta memperluas jejaring. “Ini mencerminkan tidak saja antusiasme peserta tapi sekaligus sukses dengan penyelenggaraan IGDX,” pungkasnya.