Menjaga Keamanan Digital Anak-Anak

18

OGAN ILIR, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Rabu (8/9/2021). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Sebagai Keynote Speaker Gubernur Provinsi Ogan Ilir yaitu Panca Wijaya Akbar S.H dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Tema besar webinar “Menjaga Keamanan Digital Anak-Anak” oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Pembahasan tentang dampak internet bagi anak, dampak positifnya adalah memudahkan terjalinnya komunikasi, mencari bahan-bahan pelajaran, sekolah, diskusi mata pelajaran, konsultasi dengan pakar, belajar jarak jauh, bersifat global, dan penyimpanan data yang mudah.

Sedangkan dampak negatif adalah pornografi, violence and gore atau kekerasan dan kekejama, penipuan, carding, dan perjudian. Tips berinternet aman untuk anak antara lain, pikirkan dulu sebelum kamu menerima sebuah permintaan, pikirkan dahulu sebelum kamu mengirim sesuatu, dan pikirkan dahulu sebelum kamu membagikan sesuatu.

Untuk orang tua perlu diperhatikan pula anaknya saat menggunakan internet yaitu, selalu belajar mengikuti jaman, perbaiki cara berkomunikasi dengan anak, dampingi aktifitas anak, menguatkan iman anak kepada Tuhan YME, dan memberikan pemahaman mengenai internet, menurut Tiwi Dewanti K, S.Pd sebagai Ketua Program Study SMK BPP Bandung dan Assesor BNSP.

Manfaat internet yaitu mempermudah kita mencari informasi, mendekatkan yang jauh dan memudahkan anak untuk belajar. Bahaya internet diantaranya Cybergambling, Cyberstalking, Cyberbully, Cyberfraud, Fhising, dan ujaran kebencian. Peranan orang tua sangat diperlukan dalam mengawasi, mengontrol, kemudian berikan mereka kepercayaan yang dilandasi dengan pemahaman dari orang tuanya.

Jadilah orang tua yang baik, karena orang tua adalah role model untuk anak. Hadirkan peranan orang tua dalam segala kegiatan untuk mengetahui minat anak dan lakukanlah secara bersamaan, bahkan main games bersamaan pun boleh asalkan ada batasannya.