Menjaga dan Mendidik Anak di Era Digital

15
Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.(Foto : Info31.id / Pool / Dok. Kemenkominfo).

BENGKALIS, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Kamis (16/9/2021). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Keynote Speaker Gubernur Riau, Drs. H. Syamsuar, M.Si. dan Presiden RI Jokowi memberikan sambutan dan mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Tema besar webinar “Menjaga dan Mendidik Anak di Era Digital” oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Pembahasan tentang manfaat media digital dan internet untuk anak, media dan sarana untuk belajar dan mencari berbagai informasi, membangun kreatifitas dan media untuk berkarya, memudahkan komunikasi, berinteraksi jarak jauh, memberikan wawasan yang luas, dan memperkaya keterampilan anak.

Tantangan media digital dan internet bagi anak yaitu kemudahan akses internet, kesehatan dan perkembangan fisik anak, perkembangan bahasa dan sosial anak, kecanduan dan gangguan tidur, konten negatif dan tidak sesuai umur anak, eksploitasi anak dan bullying, peretasan dan pencurian data pribadi, dan nak tidak mengenal budaya lokal, menurut Duma Jayanti Munthe, M.Pd sebagai Pekerja Seni (S1 UNJ Pend.Seni Musik dan S2 Pasca Sarjana UNJ Pend. Anak Usia Dini).

Tips menjaga keamanan digital bagi anak-anak di dunia maya antara lain, orang tua harus memiliki pengetahuan jadi role model, aktifkan parental control & pilihkan aplikasi sesuai dengan usia anak, dampingi anak saat mengakses media Internet, berikan ruang untuk berkreasi, ajarkan anak untuk melindungi privasi.

Kemudian jaga komunikasi yang baik dengan anak, ajarkan dan kenalkan anak untuk kegiatan fisik atau permainan anak yang nyata, ajarkan anak untuk melapor jika mengalami masalah di dunia maya, jadi teman di dunia maya dan nyata (remaja 13+), dan berikan apa yang anak-anak butuhkan bukan apa yang mereka mau.