Menjaga dan Mendidik Anak di Era Digital

10

DELI SERDANG, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital, Jum’at (24/9/2021). Tema besar webinar “Menjaga dan Mendidik Anak di Era Digital” oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Utara yaitu, H. Edy Rahmayadi dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Pembahasan tentang menjaga dan mengawasi anak dalam dunia digital, diantaranya selalu pantau kegiatannya: tetap mengawasi kegiatan seorang anak selama bermain dengan gadgetnya dan ikuti akun media sosialnya, time block: beri dan tentukan waktu kepada seorang anak agar dapat bermain di dalam dunia digital.

Jangan sampai mengganggu jam pelajaran, jangan terlalu dikekang: berikan kebebasan untuk berekspresi dan jangan terlalu dilarang dan walau begitu, tetap ingat pada point pertama, yaitu selalu diawasi seluruh konten-konten yang diunggah, menurut Raka Gunaika, S.S., M.A sebagai Akademis.

Mandradhitya Kusuma Putra., M.Sc. Dosen STP Bandung & Sekpro MTB STP Bandung memaparkan kita harus paham aturan aturan perlindungan anak di dunia digital serta informasi-informasi pelaporan yang
tersedia. Berikan pemahaman mengenai moral, etika dan budaya di dunia digital mengenai privasi dan rekam jejak digital, dan potensi resiko di dunia digital.

Bukan hanya itu saja kita harus menjalin keterbukaan dan hubungan pertemanan dengan anak seperti menemani ketika anak mengakses internet, terhubung dan terlibat dalam dunia online anak-anak (rutin mengecek friend list, chat, games yang sedang dimainkan,mengecek situs yang dikunjungi, dan lain-lain).

Key Opinion Leader oleh Tya Yustia seorang TV Host & Content Creator yang membagikan pengalamannya dalam menjaga dan medidik anak diera digital yaitu jadilah panutan karena anak-anak sangat mudah meniru, maka berikanlah mereka sesuatu yang baik untuk ditiru.