Menjaga dan Mendidik Anak di Era Digital

47
Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. (Foto : Info31.id / Pool / Dok. Kemenkominfo).

Labuhan Batu, info31.id – Anak-anak saat ini tidak terlepas dari digital, selain manfaat positif, dunia digital banyak berisikan konten yang membahayakan bagi anak.

Praktisi pendidikan, Winarsih,  mengatakan, banyak hal yang dapat dilakukan orang tua dalam menjaga keaamanan digital anak antara lain dengan melindungi identitas digital anak dan manfaatkan fitur perlindungan teknologi.

“Ketahui dengan siapa anak bergaul di dunia digital, tunjukkan dan arahkan konten yang sesuai, komunikasi dengan terbuka dan temani anak-  anak saat mengakses internet, serta ajarkan anak tetap berperilaku baik saat  berinternet,’ jelasnya dalam webniar “Menjaga dan Mendidik Anak di Era Digital” di Labuhan Batu, Sumatera Utara, beberapa waktu lalu.

Pemerhati pendidikan anak, Eunike Hanna Apriani menyoroti aturan etika berinternet. Menurutnya dengan mengajarkan dan menerapkan etika berinternet pada anak akan dapat mencegah anak terpapar konten negatif.

“Etika berinternet antara lain menjaga jejak digital, jangan sebarkan kebencian, tidak berkata kasar, kendalikan emosi, serta bagikan pengetahuan dan keahlian sesuai passion,” katanya.

Konten Kreator, Jessica, menambahkan, bahwa pentingnya menjaga dan mendidik anak di era digital agar anak tidak terpengaruh dengan perilaku negatif di media sosial.

“Orang tua juga perlu mendampingi anak di dunia maya saat anak sedang mengakses internet, jadikan internet sebagai wadah untuk mengasah bakat dan minat anak,” katanya.

Webniar ini merupakan bagian dari gelaran Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.