Menjaga Dan Mendidik Anak di Era Digital

7
Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. (Foto : Info31.id / Pool / Dok. Kemenkominfo).

Deliserdang,info31.id – Pandemi merubah kehidupan manusia, termasuk dalam hal pendidikan. Penerapan pembelajaran online yang diterapkan hingga saat ini disebut menyebabkan learning lost pada siswa. Lantas bagaimana mendidik anak di era digital ini?.

Praktisi pendidikan, Vita Saepani, mengatakan, pembelajaran secara daring dapat dilakukan secara efektif antara lain dengan cara mengelola waktu yang baik, tempat yang nyaman, tersedianya perangkat yang dibutuhkan, dan komunikasi yang efektif atara pengajar dan teman belajar.

Media digital, dalam kontek pendidikan, lanjutnya, memiliki manfaat tersendiri antara lain, meningkatkan ketertiban peserta didik dalam pembelajaran, membantu peserta didik dalam, memecahkan masalah, membantu meningkatkan proses berpikir kritis, serta membantu mendorong kesetaraan.

“Pembelajaran daring memiliki manfaat tersediri. Belajar online dapat melatih peserta didik untuk memecahkan berbagai masalah dengan pemikiran yang kritis, holistik, lintas disiplin, dan kreatif,’ ujarnya dalam webniar “Menjaga Dan Mendidik Anak di Era Digital” yang digelar Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika di Deli Serdang, Sumut, beberapa waktu lalu.

Dalam mengajarkan anak mengakses internet, orang tua perlu memberikan pengetahuan pada anak tentang kebebasan berekpresi pada anak di internet.

Dalam sesi sharing, Febri Dyta, seorang Influencer, menjelaskan sebelum anak mengakses internet, ada banyak yang harus orang tua perhatikan agar anak tidak salah jalan saat beraktivitas di internet.

“Mendampingi anak dan menjadikan internet sebagai ruang untuk berkarya dan berkreasi sesuai dengan minat dan bakatnya,” katanya.

Webniar “Menjaga Dan Mendidik Anak di Era Digital” merupakan rangkaian kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.