Menjaga dan Mendidik Anak di Era Digital

4

SIMALUNGUN, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Senin (20/9/2021). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Keynote Speaker Gubernur Provinsi Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi. Webinar membahas “Menjaga dan Mendidik Anak di Era Digital” oleh para narasumber berkompeten di bidang masing-masing serta seorang influencer.

Menurut Junedi, S.Pd., M.Ed., menjabarkan tantangan penerapan pembelajaran online, antara lain penugasan dan penilaian, aktivitas dan materi, komunitas akademik, penentuan kelas kontrol, waktu perancangan dan penerapan, serta pelatihan dan dukungan teknis.

Dilanjut dengan pemaparan, oleh Xenia Angelica Wijayanto, S.H., menjelaskan kurangnya kemampuan dalam menggunakan media dan perangkat digital dan kurangnya pengawasan serta peran orang tua jadi penyebab utama. Ketentuan usia pengguna medsos yang sering dilanggar.

Cara melindungi keamanan digital anak, antara lain ciptakan konten yang baik, selalu cek akun pengaturan privasi, ganti password secara berkala, saring sebelum mengunggah, damping anak saat mengakses internet, serta gunakan parental kontrol.

Virna Lim, menjelaskan di era digital ini sangat diperlukan pembelajaran yang variatif. Dengan tatap maya, guru, siswa, dan mahasiswa harus bisa memanfaatkan cara belajar dimana saja dan kapan saja. Hadirnya teknologi dapat dimanfaatkan untuk meminimalisir kesenjangan antar generasi.

Integrasi dalam pemanfaatan media pembelajaran berteknologi digital yang baik yaitu ketika peserta tidak hanya menggunakan teknologi tiap hari, tetapi memiliki akses ke berbagai alat yang sesuai dengan tugas belajar dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk membangun pemahaman yang lebih dalam tentang suatu konten.

Diakhiri dengan key opinion leader, oleh Guido Virdaus Hutagalung sebagai Artis, menjelaskan mendidik anak di era digital memiliki dampak positif dan negatif. Hal yang perlu ditekankan ialah dampingi anak saat beraktivitas di internet serta tidak hanya melarang anak namun memberi solusi jika anak tidak boleh menggunakan internet. Ajarkan anak untuk berkarya dan berkreasi di media sosial dengan minat dan bakat yang anak punya.