Menjaga dan Mendidik Anak di Era Digital

8

LAMPUNG TENGAH, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Kamis (23/9/2021). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Keynote Speaker Gubernur Provinsi Lampung, Ir. H. Arinal Djunaidi dan Presiden RI Jokowi memberikan sambutan dan mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang “Menjaga dan Mendidik Anak di Era Digital” oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Dr. Rozi Sastra Purna, S.Psi., M.Psi., Psikolog sebagai Dosen UNAND atau Psikolog mengatakan mengenalkan internet kepada anak sesuai dengan usianya. Anak tidak diperkenankan menggunakan internet sendiri dan peran orang menumbuhkan karakter anak sejak dini sebagai pondasi pertahanan terhadap pengaruh lingkungan dan mendampingi anak agar mendapatkan pengalaman yang menyenangkan sekaligus memperkuat ikatan emosional antara anak dan orangtua.

Puspa Ira Dewi Candra Wulan,S.Kom., M.Cs sebagai Dosen Politeknik Bhakti Semesta dan Kepala Biro Penjamin Akademis Politeknik Bhakti Semesta menuturkan, membesarkan anak di era digital memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap masalah kesehatan mental, gangguan kecemasan, dan depresi. Yang harus dilakuin adalah konsultasi dengan guru, batasi juga waktu anak di depan gawai atau televisi, dan jangan jadikan gadget sebagai senjata untuk menenangkan anak ketika merengek.

Syahdani Simanjuntak, S.E sebagai Penggiat Media Sosial Islami memaparkan, dampak positif dalam bidang sosial diantaranya, informasi yang dibutuhkan untuk menjadi lebih cepat dan lebih mudah dalam mengakses tujuan pendidikan, inovasi dalam pembelajaran tumbuh di hadapan e-learning inovasi yang lebih memudahkan proses pendidikan, dan kemajuan TIK juga akan memungkinkan pengembangan teleconference kelas virtual atau kelas yang berbasis yang tidak memerlukan pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.

Key Opinion Leader oleh Kevin Nguyen sebagai Influencer dan Co-Founder Cetak Kreator menambahkan, tantangan besar dirasakan orang tua dan juga tenaga pengajar dalam mendidik seorang anak. Tugas orang tua adalah mendampingi anak dan mengawasi anak mereka. Sedangkan guru bertugas memberikan pembelajaran yang tepat untuk anak sesuai dengan usianya.