Menjaga dan Mendidik Anak di Era Digital

8

LABUHAN BATU UTARA, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Jum’at (17/9/2021). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Keynote Speaker Gubernur Provinsi Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi. Webinar membahas “Menjaga dan Mendidik Anak di Era Digital” oleh para narasumber berkompeten di bidang masing-masing serta seorang influencer.

Menurut Nawang Warsi W., S.Psi, M. Si, Psikolog sebagai Dekan Fakultas Psikologi Universitas Merdeka Malang, peran orang tua dalam memberikan ajaran tentang keamanan internet untuk anak adalah dengan membangun pengetahuan anak tentang internet, melindungi anak dari bahaya kejahatan di dunia maya, dan menjaga jejak digital anak.

Peran orang tua antara lain, mode pengaman yaitu dengan menggunakan fitur mode anak, mengajarkan etika dan empati digital, dan hindari postingan yang bersifat sangat personal. Selektif antara lain selektif dalam pertemanan dan selektif dalam memilih konten yangg positif.

Agung Ilham Triana, SE., MM.Par menambahkan pandemi covid-19 berdampak besar pada berbagai sektor, salah satunya pendidikan. Dunia pendidikan juga ikut merasakan dampaknya. Pendidik harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan dengan memanfaatkan media online. Tips belajar online yang efektif di rumah dengan membuat daftar tugas yang harus dikerjakan dan kerjakan tugas selama 25 menit.

Ronal Watrianthos, S.Kom., M.Kom memaparkan kecanduan internet merupakan perilaku kecanduan yang ditandai dengan penggunaan internet yang kompulsif dan tidak terkendali sehingga menganggu kehidupan sehari-hari.

Tipe kecanduan internet perilaku kecanduan perjudian yang tidak terkendali pada menggunakan media internet, bentuk kecanduan sexual menggunakan media internet yang terjadi secara terus menerus, dan penggunaan video game secara terus menerus mengakibatkan gangguan signifikan pada individu.

Leli Hasanah Lubis, S. Pd., M.Pd mengatakan kebebasan berekspresi merupakan syarat utama daripada kemerdekaan. Kebebasan berekspresi juga dikenal sebagai hak fundamental. Kebebasan berekspresi berfungsi sebagai komponen fundamental atau utama dalam berpartisipasi dalam sebuah masyarakat demokrasi, dan diartikan sebagai hak yang seharusnya tidak dicampuri oleh pemerintahan negara. Key Opinion Leader oleh Yoeriche sebagai Pelajar dan Model menuturkan pentingnya menjaga dan mendidik anak di era digital agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.