Menjadi Cerdas di Era Digital

10

LAMPUNG SELATAN, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Selasa (21/9/2021). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Keynote Speaker Gubernur Provinsi Lampung, Ir. H. Arinal Djunaidi dan Presiden RI Jokowi. Tema besar webinar “Menjadi Cerdas di Era Digital” oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Pembahasan tentang menjadi cerdas di era digital, media sosial merupakan media komunikasi daring, media untuk memasarkan, untuk mencasri eksistensi, media pendukung, sarana hiburan, belajar dan bekerja secara daring, media untuk memperoleh informasi.

Aplikasi medsos juga memiliki gudang dan dokumentasi berbagai konten, berasal dari belahan dunia, ensiklopedia global, dari itu semua kita juga harus tetap waspada dan selalu bekali diri, menurut Aldin Aldama, S.Sos., M.Si sebagai Praktisi Event & Media, Dosen Luar Biasa Fikom Unisba.

Di era digital yang sudah berkembang ini kita pun bisa juga memanfaatkannya sebagai wadah untuk berjualan juga. Diantaranya media sosial yang biasa digunakan untuk jualan atau memasarkan produk yaitu Instagram, Whatsapp, Facebook, Website, dan Marketplace, menurut Kevin Sutedja, S.Ikom ., M.Sc sebagai E-Commerce & Strategic Marketing Specialist.

Key Opinion Leader oleh Desisca seorang Professional Dancer menyimpulkan bahwa menjadi cerdas dapat dilakukan dari mana saja saat era digital ini, kita bisa memanfaatkan ruang digital untuk mengembangkan kemampuan diri kita menjadi lebih baik.