Menjadi Cerdas di Era Digital

4
Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. (Foto : Info31.id / Pool / Dok. Kemenkominfo)

DELI SERDANG, Info31.id – Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital, dalam webinar, Sabtu (18/9/2021). Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Terdapat 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Keynote Speaker Gubernur Provinsi Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi. Webinar membahas “Menjadi Cerdas di Era Digital” oleh para narasumber berkompeten di bidang masing-masing serta seorang influencer.

Virna Lim, menjabarkan manfaat belajar online, diantaranya praktis dan fleksible, pendekatan yang lebih sesuai, lebih personal, hemat waktu dan biaya, mudah didokumentasi, ramah lingkungan, dan alternatif selama social distancing.

Integritas dalam pemanfaatan media pembelajaran berteknologi digital yang baik yaitu ketika peserta didik tidak hanya menggunakan teknologi tiap hari, tetapi memiliki akses ke berbagai alat yang sesuai dengan tugas belajar dan memberikan kesempatakan pada peserta didik untuk membangun pemahaman yang lebih dalam tentang suatu konten.

“Melalui dukungan keterampilan literasi digital, siswa dapat menghadapi berbagai tantangan dalam proses pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi di masa yang akan dating,” Katanya.

Dilanjutkan oleh Citra Hasan Nasution, M.Hum, menjelaskan menjadi cerdas di era digital juga dapat dilakukan dengan berkolaborasi di ruang digital, dengan cara untuk memecahkan suatu masalah, kreatif abrasion, potensi ke depan bersama partner kolaborasi, serta belajar banyak hal dalam waktu singkat.

Karena lawan komunikasi kita di ruang digital adalah manusia maka standar komunikasi yang kita terapkan adalah sama sebagaimana apa yang kita lakukan dalam dunia nyata baik keseharian maupun dalam pergaulan.

Diakhiri oleh key opinion leader Deva Doremiva sebagai Influencer, menutup webinar dengan menjelaskan bagaimana kita menempatkan diri dalam berkomunikasi, penggunaan bahasa, struktur kalimat dan lain sebagainya haruslah beretika sebagaimana komunikasi yang kita lakukan dalam keseharian.