Menguntungkan, Pemasaran Pariwisata Secara Digital

20

Ogan Komeriang Ilir, Info31.id – Pemasaran pariwisata secara digital sangat menguntungkan karena dapat menjangkau pasar lebih luas. Ini sesuai dengan tujuan promosi pariwisata ke dunia Internasional yang tidak dibatasi ruang dan waktu serta dapat dilakukan setiap saat.

Demikian diungkapkan Kasi Kurikulum SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Komering Ilir, Marlian, dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital – “Transformasi Pariwisata di Era Digital”, Senin (27/9/2021).

Webinar diselenggarakan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika di 77 Kabupaten/Kota, Wilayah Sumatera, dari Aceh hingga Lampung. Hadir dalam acara, Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo, Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, Herman Deru, dan Bupati Kabupaten Ogan Komering Ilir, Iskandar.

Namun menurut Marlian, selain dari pemasaran, menumbuhkan kesadaran dan kemampuan soft skill juga sangat perlu dalam dunia pariwisata. Sebab, kesadaran dan kemampuan soft skill masyarakat tentang moral, etika dan tanggung jawab menjadi hal utama dalam menjalankan tugas dan fungsi masing-masing.

Sekretaris DISHUB Ogan Komering Ilir, Rayendra Abadi, merinci manfaat media sosial dalam memperluas jangkauan pasar, antara lain untuk memperoleh data pelanggan, meningkatkan loyalitas dan brand awarenes, menjalankan iklan dengan hasil real time serta memperoleh lead dengan konversi lebih tinggi.

“Selain itu, menciptakan pengalaman pelanggan yang kaya, meningkatkan traffic website dan peringkat pencarian serta mengetahui sepak terjang kompetitor. Kemudian, berbagi konten lebih cepat dan mudah, pembuatan konten sesuai target, dan membina relasi,” papar Rayendra.